Text
IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nuril Lailati, 2020, Implementasi Supervisi Manajerial Kepala Madrasah Dalam
Meningkatkan Pengelolaan Sarana dan Prasarana di MAN 2 Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Abdul Aziz, M. Pd.
Kata Kunci: Supervisi, Manajerial, Kepala Madrasah, Sarana dan Prasarana.
Penerapan supervisi manajerial disuatu lembaga merupakan kegiatan
pemantauan, pembinaan dan pengawasan di dalam mengelola, mengadministrasi
dan melaksanakan seluruh aktivitas sekolah, sehingga dapat berjalan dengan
efektif dan efesien dalam rangka mencapai tujuan sekolah serta memenuhi standar
pendidikan nasional.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana rencana implementasi
supervisi manajerial kepala madrasah dalam meningkatakan pengelolaan sarana
dan prasana di MAN 2 Pamekasan. Kedua, bagaimanana pelaksanaan
atauimplementasi supervisi manajerial kepala madrasah dalam meningkatakan
pengelolaan sarana dan prasana di MAN 2 Pamekasan. Ketiga, bagaimana hasil
dari implementasi supervisi manajerial kepala madrasah dalam meningkatakan
pengelolaan sarana dan prasana di MAN 2 Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan
kepala sekolah/ madrasah, kepala TU dan waka sarpras.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, MAN 2 Pamekasan telah
melakukan rencana implementasi supervisi manajerial kepala madrasah membuat
aspek/ fokus masalah, membuat skenario kegiatan dan sumber daya yang
dibutuhkan dan menentukan strategi/ metode yang digunakan. Kedua,
implementasi supervisi manajerial kepala madrasah kepada sarpras menggunakan
metode monitoring dan evaluasi. Sedangkan hasil dari implementasi supervisi
manajerial kepada sarpras telah dilaksanakan sesuai program atau rencana yang
telah disepakati sebelumnya dan mendapat respon baik dari warga madrasah dan
terdapat peningkatan terhadap sarana dan prasarana madrasah. Faktor pendukung
dari pelaksanaan supervisi manajerial ini yaitu kepala madrasah yang memiliki
semangat besar, terjalinnya hubungan yang baik, timbulnya kesadaran guru untuk
meningkatkan kemampuannya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih
ada sebagian guru yang kurang mampu dalam bidang teknologi dan keterbatasan
waktu. Cara mengatasi hambatasan yang terjadi dengan melakukan
pendampingan.
Tidak tersedia versi lain