Text
PENGELOLAAN WISATA LOKAL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI SDN KOWEL III PAMEKASAN
ABSTRAK
Ulfatus Sholihah. 2020. Wisata Lokal Sebagai Sarana Pembelajaran Di SDN
Kowel III Pamekasan. Program Studi MPI, Jurusan Tarrbiyah, IAIN Madura,
Dosen pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis Sholichin, M. Ag.
Kata Kunci : pengelolaan, wisata lokal dan sarana pembelajaran.
Pendidikan merupakan tempat yang efektif untuk penyaluran ilmu, oleh
karena itu kementrian lingkungan bekerjasama dengan kementrian pendidikan
untuk merealisasikan program sekolah adiwiyata sebagai bentuk penyadaran dan
penenaman pengetahuan terhadap lingkungan dan hidup bersih serta sehat.
Berdasarkan hal tersebut, maka diperlulah suatu metode pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan sekolah berbasis adiwiyata. dalam hal ini yang
cukup efektif untuk pembejaran sekolah adiwiyata yakni memanfaatkan wisata
lokal yang ada disekolah sebagai sarana pembelajaran, oleh karena itu perlulah
pengelolaan yang signifikan pada wisata lokal agar efektif dijadikan sarana
pembelajaran bagi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenemonologi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, ketua dan operator tim
adiwiyata, jajaran guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, wisata lokal sekolah sudah
terealisasi sejak tahun 2016, adapun objek wisata lokalnya berupa green house,
tanaman obat-obatan, kebun, hutan mini dan rumah kompos. Kedua, pengelolaan
wisata lokal dilakukan dengan baik. Pengelolaan tersebut tidak hanya dikerjakan
oleh para tukang kebun dan jajaran guru saja melainkan siswa juga ikut mengelola
terhadap keberlangsungannya objek wisata sebagai sarana pembelajaran bagi
siswa. Ketiga, wisata lokal ini sangat efektif dijadikan sebagai sarana
pembelajaran karena bisa difungsikan sebagai metode pembelajaran Outdor Study
dan Sumber pembelajaran kontekstual.
Tidak tersedia versi lain