Text
PERAN GURU PAI DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA MILENIAL DI SMK MIFTAHUL QULUB PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INSTI i PERAN GURU PAI DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA MILENIAL DI SMK MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Taufikur Rohman, 2020, Peran Guru PAI dalam Peningkatan Pendidikan
Karakter di Era Milenial di SMK Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan.
Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbimg, Dr.
H. Nor Hasan M.Ag
Kata Kunci: Peran Guru PAI dalam Peningkatan Pendidikan Karakter di Era
Milenial.
Fenomena yang terjadi saat ini adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK) yang semula dipandang akan memudahkan pekerjaan manusia,
kenyataannya juga menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi manusia,
yaitu kesepian dan keterasingan baru yang ditandai dengan lunturnya rasa
solidaritas, kebersamaan dan silaturrahim. Sedangkan yang menjadi sasaran utama
dalam hal ini adalah para remaja dan juga anak-anak yang masih berada di bangku
sekolah/kuliah.
Terdapat tiga focus dalam penelitian ini yaitu: 1) Peran guru PAI dalam
peningkatan pendidikan karakter di era milenial di SMK Miftahul Qulub, Polagan,
Galis, Pamekasan. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendorong dalam
peningkatan pendidikan karakter di era milenial di SMK Miftahul Qulub, Polagan,
Galis, Pamekasan. 3) Bagaimana hasil peningkatan pendidikan karakter di era
milenial di SMK Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat
naratif. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data
terkumpul maka dilakukan analisis data dengan langkah berikut: Reduksi data,
display data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Peran guru PAI dalam
peningkatan pendidikan karakter di era milenial di SMK Miftahul Qulub
diantaranya: meningkatkan sumber daya guru Pendidikan Agama Islam,
mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan
kegiatan keagamaan dan juga penerapan nilai-nilai kehidupan. Menciptakan
suasana islami di sekolah, membangun kerjasama dengan masyarakat. 2) Faktor
pendukung dalam peningkatan pendidikan karakter siswa di era milenial, yakni
dari kepala sekolah, dukungan dari para guru, dukungan dari para siswa,
dukungan dari orang tua atau wali siswa, dukungan dari masyarakat dan juga
dukungan dari para alumni. Sedangkan hambatan yang dihadapi guru Pendidikan
Agama Islam dalam peningkatan pendidikan karakter siswa di era milenial ada
dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Hambatan pada faktor internal
antara lain: terbatasnya alokasi waktu pembelajaran, kurangnya sarana dan
prasarana, padatnya jadwal kegiatan, sikap kurang peduli sebagian guru terhadap
kegiatan keagamaan di sekolah, kurangnya kreasi guru dalam metode
pembelajaran. Sedangkan hambatan pada faktor eksternal antara lain: kurangnya
dukungan/ motivasi dari orang tua atau wali siswa dalam kegiatan keagamaan,
pengaruh negatif lingkungan sekitar dan juga parahnya lagi adalah pengaruh
negatif dari teknologidan informasi. 3) Hasil peningkatan pendidikan karakter di
era milenial bisa dibuktikan dengan prestasi siswa dimana anak-anak yang
berkarakter baik prestasinya akan baik, tentunya ada perubahan sikap pada anak,
perubahan perilaku dan juga perubahan perbuatan dan hasilnya pun real dan
nyata.
Tidak tersedia versi lain