Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VI DI MI BUSTANUL ULUM KLAMPAR PROPPO PAMEKASAN
ABSTRAK
Adi Febriyanto, 2020, Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas VI Di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Motivasi Belajar
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama peneliti ini, yaitu (1) Implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan (2) Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan (3) Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan dari tiga fokus tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawncara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan deskripsi analisis. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan, diterapkan pada saat tertentu, karena guru harus tahu tingkat kemampuan siswa dalam belajar. Langkah-langkahnya diawali dengan pembukaan, penjelasan materi, siswa mempresentasikan hasil materi, memberikan tugas terhadap siswa, penilaian, evaluasi, dan penutup. Sehingga siswa termotivasi dalam belajar dan dapat membawa diri siswa pada tingkatan yang lebih prestatif. (2) Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan, guru merupakan orang pertama yang mempunyai peran aktif dalam proses belajar mengajar, maka harus menguasai kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian dalam bentuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan siswa harus memperhtikan dan aktif dalam proses belajar mengajar. (3) Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan, berhubungan dengan tiga hal, yakni : kendala waktu, psikologi siswa, ekonomi.
Tidak tersedia versi lain