Text
PENERAPAN PERMAINAN MAZE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK. PKK JALMAK DESA JALMAK KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sri Wahyuni, 2020, Penerapan Permainan Maze dalam Pembelajaran untuk
Pengembangan Kognitif Anak di TK PKK Jalmak Desa Jalmak Kecamatan
Pamekasan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Jamiluddin Usman, M.Pd.I
Kata kunci: Permainan Maze, Pengembangan Kognitif, TK PKK Jalmak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di TK
PKK Jalmak dalam kegiatan pembelajaran yakni permainan maze (mencari jejak)
ini memang sudah diterapkan. Apabila ada kegiatan yang harus mengembangkan
kognitif anak, permainan maze ini digunakan yaitu kegiatan pembelajarannya
dengan berupa gambar saja atau LKA, anak disuruh mencari jalan yang ada di
gambar dari start sampai finish. Anak akan berkonsentrasi dan memahami gambar
tersebut. Setelah mengetahui arah jalannya, anak bisa langsung mewarnai gambar
jalan yang menurut anak benar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu
pertama, bagaimana penerapan permainan maze dalam pembelajaran untuk
pengembangan kognitif anak di TK PKK Jalmak Desa Jalmak Kecamatan
Pamekasan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, kedua, apa saja faktor pendukung
dari penerapan kegiatan tersebut, dan ketiga, apa saja faktor penghambat dari
penerapan kegiatan tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk
mengetahui penerapan permainan maze dalam pembelajaran untuk pengembangan
kognitif anak di TK PKK Jalmak Desa Jalmak Kecamatan Pamekasan Kabupaten
Pamekasan Jawa Timur, berikut faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah guru kelompok A. Subjek dalam penelitian yaitu siswa
kelompok A2 yang berjumlah 20 anak. Sedangkan pengecekan keabsahan dan
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan permainan maze
dalam pembelajaran untuk pengembangan kognitif anak di TK PKK Jalmak Desa
Jalmak Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur dilakukan
dengan cara guru menjelaskan atau mempraktikkan kepada anak-anak. Setelah
guru menjelaskan kepada anak lalu anak tersebut melakukan permainan tersebut
hingga selesai dengan cara mewarnai jalan mana yang harus dituju. Jika ada yang
kurang paham atau mengerti guru mengulangnya lagi penjelasan tentang
bagaimana melakukan permainan maze. Kedua, faktor pendukung dari penerapan
permainan maze dalam pembelajaran untuk pengembangan kognitif anak yaitu
guru selalu memberikan motivasi terhadap anak dan sarana bermain yang
disediakan untuk merangsang dan mendorong eksplorasi anak. Ketiga, faktor
penghambat dari penerapan permainan maze dalam pembelajaran untuk
pengembangan kognitif anak yaitu media penunjang lain berupa permainan
edukatif yang belum begitu lengkap, sehingga mengambil gambar di internet dan
diprint out sebagai media pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain