Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs ARROHMAH DESA PLAKPAK KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
KUSNANIYANTI, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Ar-Rohmah Desa Plakpak
Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, JurusanTarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H.
Saiful Hadi, M.Pd
Kata Kunci: Pengaruh,media audio visual dan hasil belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa masalah diantaranya yaitu masih
banyak pendidik yang kurang terampil dalam menggunakan media audio visual
sehingga menyebakan siswa malas dan bosan dalam proses pembelajaran, hal itu
yang meyebakan hasil belajar siswa tidak meingkat. Untuk mengatasi hal tersebut
guru diharapkan mampu menyiapkan pembelajaran yang menarik salah satunya
dengan penggunaan media yang lebih baik dan lebih kreatif. Karena media
merupakan salah satu penyampai pesan yang efektif dalam proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru dan siswa. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap
kualitas hasil belajar yang lebih baik jika menggunakan media yang tepat. Karena
melalui media pembelajaran, konsep-konsep yang bersifat abstrak bagi siswa akan
tergambar secara nyata sehingga membangkitkan semangat belajar siswa. Dalam
penelitian ini menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran.
Media audio visual merupakan media kombinasi antara audio dan visual yang
dikombinasikan dengan kaset audio yang mempunyai unsur suara dan gambar
yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara dan
lain sebagainya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dan variabel yang digunakan adalah penggunaan media
pembelajaran audio visual (X) sebagai variabel independen dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran SKI (Y) sebagai variabel dependen. Dari hasil analisis data
didaptkan hasil “r” kerja (0,135) lebih kecil dari “r” product moment, baik pada
interval kepercayaan 5% yaitu 0,284 maupun pada taraf kepercayaan 1% yaitu
0,368 Sehingga tingkat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil
belajar siswa sangat rendah
Tidak tersedia versi lain