Text
UPAYA GURU MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE DISCOVERY DI SMP ISLAM AS-SUHUF KRAMAT TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Abdur Rahman, 2020, Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Melalui Metode Discovery di SMP Islam as-Suhuf Kramat Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. H. Nor Hasan, M.Ag
Kata kunci: Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Metode Discovery
Belajar aktif tidak dapat terjadi tanpa adanya partisipasi peserta didik. Terdapat beberapa cara untuk membuat proses pembelajaran aktif dalam memperoleh informasi, keterampilan, dan sikap melalui suatu proses pencarian dari diri peserta didik. Discovery merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana langkah-langkah guru dengan penggunaan metode discovery dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP Islam as-Suhuf Kramat Tlanakan Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAI melalui metode discovery di SMP Islam as-Suhuf Kramat Tlanakan Pamekasan; ketiga, Bagaimana hasil penerapan metode discovery dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP Islam as-Suhuf Kramat Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, tringuasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, langkah-langkahnya yaitu mula-mula siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok kemudian diberi materi dan dihadapkan pada suatu masalah, siswa diminta untuk mencari jawaban dengan cara membaca dan mendengarkan informasi dari berbagai macam sumber, kemudian siswa diminta untuk menyimpulkannya dan perwakilan salah satu dari anggota kelompok untuk maju ke depan kelas untuk memaparkan hasil temuannya kemudian guru menyimpulkan hasil dari semua temuan-temuan siswa; Kedua, faktor pendukung metode discovery adalah sebagai berikut: Minat siswa yang besar dalam mengikuti pembelajaran, memiliki rasa kebersamaan yang di latarbelakangi faktor sosial dan pendidikan, dan tersedianya refrensi yang memadai. Adapun factor penghambatnya adalah kemampuan setiap siswa berbeda dalam pembelajaran, tidak semua siswa mampu melakukan penemuan, dan tidak semua materi cocok disampaikan menggunakan metode pembelajaran discovery.; Ketiga, hasil penerapan metode discovery adalah sebagai berikut: dapat membangun kometmen terhadap peserta didik untuk belajar, dapat membangun sikap aktif, kreatif, dan inovatif dalam proses pembelajaran, dan dapat membangun sikap percaya diri dan terbuka terhadap hasil penemuannya.
Tidak tersedia versi lain