Text
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI MIFTAHUL JENNAH TALAJUNGAN DESA PESANGGAR KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Zainal Arifin, 2020, Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPI Miftahul Jennah Talajungan Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasam, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI, IAIN MADURA, Pembimbing: Fathol Haliq, M.SI.
Kata Kunci : kepala sekolah, mutu pembelajaran,pendidikan agama islam
Pendidikan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan, pengembangan bakat dan minat anak didik yang dilakukan secara sistematis dan terorganisasi. Pendidikan merupakan faktor penting dalam menentukan kehidupan bangsa ini. Pendidikan agama Islam memiliki peran yang baik dalam mewujudkan bangsa yang bermutu. Untuk mewujudkan pendidikan Islam yang baik maka sangat dibutuhkan kerja kepala sekolah yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPI Miftahul Jennah Talajungan desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan; Kedua, bagaimana mutu pembelajaran Pendidikan agama Islam di di SMPI Miftahul Jennah Talajungan desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, wakasek, guru PAI, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui ketentuan penelitian dan triagulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan Aagama Islam di SMPI Miftahul Jennah Talajungan desa pasanggar kecamatan pegantensn kabupaten pamekasan. Dapat diuraikan sebagai berikut: (1) berperan sebagai pendidik selalu mengikut sertakan guru agama ikut seminar, workshop dan membina guru agama untuk mengajar dengan baik (2) berperan sebagai manajer melakukan peran dan fungsinya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat yaitu mengikut sertakan peran guru PAI dalam literatur kependidikan islam(3) berperan sebagai adminstrator kepala sekolah bertanggung jawab atas kelancaran segala pekerjaan dan kegiatan administratif di sekolahnya. Aktifitas administtratif adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pencatatan, penyusunan dan dokumentasi program dan kegiatan sekolah. (4) berperan sebagai supervisor Kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai peran dan tanggung jawab untuk membina, memantau dan memperbaiki proses pembelajaran yang baik dan menyenangkan. Supervisi kepala sekolah dilakukan secara individual ataupun kelompok. Kedua, mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMPI meliputi perencanaan pembelajaran yaitu berupa persiapan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sebelum masuk kelas.
Tidak tersedia versi lain