Text
MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PRAMUKA DI SMK AL-BAISUQI DESA BANYUKAPAH KEC. KEDUNGDUNG KAB. SAMPANG
ABSTRAK
Moh. Furqon Hidayat, 2019, Manajemen Program Pengembangan Nilai-nilai Kebangsaan Berbasis Nilai-nilai Keislaman Pramuka Di SMK Al-Baisuqi Desa Banyukapah, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institute Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Dr. H. Buna’i, S.Ag., M.Pd
Kata kunci: manajemen, program pengembangan, nilai-nilai, kebangsaan, keislaman, pramuka
Penelitian ini membahas tentang program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka yang di dalamnya membahas tentang kurangnya rasa nasionalis yang berbasis agama yang dititik beratkan kepada guru dalam membimbing anak didiknya yang dilandaskan dengan manajemen pengembangan peseta didik yang baik sehingga akan tercapai siswa yang memiliki jiwa nasionalis di SMK Al-Baisuqi Desa Banyukapah, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang. Berdasarkan hal tersebut, maka ada fokus penelitian yang menjadi pokok penelitian ini, yakni: pertama, untuk mengetahui bagaimana merencanakan program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka Di SMK Al-Baisuqi Desa Banyukapah, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang?, kedua, untuk mengetahui bagaimana melaksanakan program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka di SMK Al-Baisuqi Desa Banyukapah, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang?, ketiga, untuk bagaimana cara mengawasi program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka di SMK Al-Baisuqi Desa Banyukapah, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang?, keempat, untuk mengetahui bagaimana cara mengevaluasi program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka di SMK Al-Baisuqi Desa Banyukapah, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomelogi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru BK wali kelas dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan proses pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka menunjukan bahwa dalam proses perencanaan tidak hanya di terapkan di dalam proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran non formal. Kedua, pelaksanaan program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka di SMK Al-Baisuqi tidak sepenuhnya menjalankan masih ada kendala yakni masih ada siswa yang gagal paham. Ketiga, pengawasan program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka Jika guru selalu mengawasi siswanya dalam peneran nilai-nilai yang sudah dijelaskan dan ekstrakulikuler pramuka. Keempat, mengevaluasi program pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis nilai-nilai keislaman pramuka Di SMK Al-Baisuqi berjalan dengan lancar dikarenakan melihat perubahan yang menonjol dari siswa sebelum metode baru diterapkan.
Tidak tersedia versi lain