Text
MODEL KOMUNIKASI GURU SEBAGAI UPAYA MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS di KELAS VIII SMPI AlGHAZALI TEBUL TIMUR PAGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
ISNAWATUN HASANAH, 2020, Model Komunikasi Guru Sebagai Upaya Memotivasi
Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMPI Al-Ghazali Tebul Timur
Pagantenan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Model Komunikasi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS
SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pagantenan Pamekasan merupakan salah satu sekolah
swasta yang ada di pamekasan yang merupakan salah satu tempat untuk melangsungkan
kegiatan belajar mengajar, di mana dalam prosesnya pasti terjadi komunikasi antara guru
dengan siswa. seperti yang kita ketahui bersama bahwa guru memegang peranan penting
dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk
menjadi guru yang komunikatif guru harus mengetahui berbagai model komunikasi, dan
mengetahui model komunikasi yang tepat untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar
agar siswa termotivasi untuk belajar. Karena motivasi merupaka hal yang sangat penting dan
dibutuhkan oleh siswa agar siswa terangsang atau terdorong untuk belajar dengan kata lain
mempunyai semangat dalam belajar. Seperti yang kita ketahaui bersama dalam dunia
pendidikan ada banyak permasalahan dalam proses belajar mengajar, seperti malas belajar,
mengobrol/bergurau dengan temannya, mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung,
dan lain sebagainya.
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam
penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana model komunikasi Guru sebagai upaya memotivasi
belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMPI Al-Ghazali Tebul Timur
Pagantenan Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor penghambat model komunikasi Guru sebagai
upaya memotivasi belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMPI Al-Ghazali
Tebul Timur Pagantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data
yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS
dan siswa kelas VIII. Sedangkan sedangkan data yang dianalisis dengan cara mereduksi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model komunikasi guru sebagai upaya
memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS adalah guru menggunakan ketiga model
tergantung dari materi yang akan disampaikan, Sedangkan untuk memotivasi siswa untuk
belajar melalui komunikasi adalah dengan cara pertama mendekati, masuki dunia mereka
(siswa), baru bawa siswa ke dunia kita, maksudnya sebelum memulai pelajaran IPS guru
memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa. dan dari ke tiga model komunikasi siswa
lebih aktif saat guru menggunakan model komunikasi banyak arah dari pada model
komunikasi satu arah dan dua arah. Dan lebih efektif lagi apa bila ketiga model digabung
menjadi satu, karena dengan begitu siswa benar-benar dirangsang untuk belajar. Faktor
penghambat model komunikasi guru sebagai upaya memotivasi belajar siswa adalah datang
dari siswa seperti siswa mengantuk, bicara sendiri, mengobrol dengan temannya, bahkan ada
yang hanya menggambar dibuku tulisnya bukan mendengarkan guru saat menjelaskan di
depan
Tidak tersedia versi lain