Text
PENERAPAN METODE ONE DAY ONE AYAT AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMA NEGERI 3 SAMPANG
ABSTRAK
Siti Saidah, 2020, Penerapan Metode One Day One Ayat Al-Qur’an Terhadap
Peningkatan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Siswa di SMA Negeri 3 Sampang,
Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Edi
Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Metode One Day One Ayat Al-Qur’an, Peningkatan Kompetensi
Membaca Al-Qur’an
Ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini,
pertama, bagaimana penerapan metode one day one ayat al-qur’an terhadap
peningkatan kompetensi membaca al-qur’an siswa di SMA negeri 3 sampang?
Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode one day
one ayat al-qur’an terhadap peningkatan kompetensi membaca al-qur’an siswa di
SMA Negeri 3 Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif atau uraian, informan atau subjek dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, WAKA Kurikulum, guru PAI, dan siswa SMA Negeri 3 Sampang.
Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis nonstatistik melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Dengan
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan yang di gunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan
penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode
one day one ayat al-qur’an terhadap peningkatan kompetensi membaca al-qur’an
siswa di SMA negeri 3 sampang. Antara lain: pertama, dalam pelaksanaannya
guru mempersiapkan al-Quran, materi hafalan, mengkondisikan siswa sebelum
belajar. Adapun dalam proses belajar mengajar guru menggunakan metode
kelompok, salam pembuka, apersepsi, klasikal baca simak, evaluasi dan penutup.
Setiap harinya memberikan hafalan pada siswa.
Kedua, faktor-fakktor pendukung dan penghambat penerapan metode one
day one ayat al-qur’an terhadap peningkatan kompetensi membaca al-qur’an
siswa di SMA Negeri 3 sampang, faktor pendukung-Nya antara lain: dukungan
dari kepala sekolah, kemampuan guru, semangat siswa, sarana dan prasarana.
Sedangkan faktor penghambat antara lain: ketidak disiplinan guru, minimnya
minat siswa dalam belajar pembelajaran al-Qur’an serta kurangnya sarana dan
prasarana.
Dengan demikian, dari hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan
bagi seluruh pengelola pendidikan sehingga diharapkan mampu meningkatkan
pendidikan peserta didik serta di jadikan sebagai bahan kajian peneliti
selanjutnya
Tidak tersedia versi lain