Text
KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT TEKS NONSASTRA SISWA KELAS XI-IPA3 DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Lia Novika Sari, 2020.Kemampuan Membaca Cepat Teks Nonsastra Siswa Kelas XI-IPA3 di MAN 2 Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi TBIN, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci :Kemampuan Membaca Cepat
Penelitian ini dilatar belakangi dari keterampilan membaca yang sangat dibutuhkan karena dengan membaca seseorang akan menyerap banyak pengetahuan dan memahami banyak hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui. Membaca tidak hanya sekedar melihat lambang-lambang yang tertulis di buku semata, tetapi juga berupaya untuk mendapatkan informasi yang diinginkan atau juga memahami suatu bacaan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimanakah kemampuan membaca cepat teks nonsastra siswa kelas XI-IPA3 di MAN 2 Pamekasan;kedua, bagaiamanakah langkah-langkah membaca cepat teks nonsastra siswa kelas XI-IPA3 di MAN 2 Pamekasa, ketiga, apa sajakah faktor penghambat dan pendukung dalam membaca cepat teks nonsastra siswa kelas XI-IPA3 di MAN 2 Pamekasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas XI-IPA3 di MAN 2 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi,dan uraian terperinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dalam mengetahui kemampuan membaca cepat guru bisa menyediakan teks bacaan yang dimana dalam membaca cepat mempuyai rumus setelah itu ketika ibu memberikan teks tersebut kepada siswa kemudian siswa tersebut bisa mengira sendiri waktu yang telah diberikan oleh guru, siswa pun bisa mengetahui seberapa jauh siswa mampu dalam membaca teks bacaan, dalam membaca cepat siswa belum mencapai maksimal yang diantaranya 10 siswa memilki hasil bacaan yang rendah dengan kecepatan rata-rata 100-125 kpm (kata per menit), 5 siswa memiliki hasil bacaan sedang dengan kecepatan 250-350 kpm (kata per menit) dan 21 siswa memiliki hasil kecepatan rata-rata 500-800 kpm (kata per menit).
Tidak tersedia versi lain