Text
KEDISIPLINAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMKN 1 PROPPO PAMEKASAN
ABSTRAK
Juhairiah, 2020, Kedisiplinan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Di SMKN 1 Proppo Pamekasan, Skripsi, Program Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,Pembimbing: Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Guru, dan Dampak Kedisiplinan.
Sekolah yang bermutu salah satunya dapat dilihat dari kedisiplinan guru dan siswa, dalam kehidupan apapun kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan akan bernilai baik jika dilakukan dengan disiplin, sama halnya ketika belajar setiap malam, otomatis proses belajar dan dampaknya akan bernilai positif dengan mendapatkan nilai yang baik, dijadikan tauladan atau contoh untuk teman-temannya, begitupun seorang pengajar jika tepat waktu dalam mengajar, maka keberhasilan dalam mengajar akan tercapaikan, jadi kedisiplinan sangatlah penting.
Berdasarkan hal tersebut, maka dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimanakah kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMKN 1 Proppo Pamekasan; kedua, Bagaimanakah pengaruh kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMKN 1 Proppo Pamekasan;
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriptif.Sumber data diperolehmelaluiwawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan, dandokumentasi. Informannyaadalah guru bahasa Indonesia, wakakehumasan, dansiswakelas X. sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanataukeajeganpengamatan, triangulasidankecukupanrefrensial.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: Pertamadalamkedisiplinan guru dalamsekolahsudahdisiplindengan jam masuk sekolah sesuai peraturan sekolah, melaksanakan breefing atau evaluasi setiap minggu, menyiapkan kebutuhan ujian siswa tepat waktu, disiplin dalam melaksanakan jadwal piket (menjaga gerbang), mengajar sesuai jam pelajaran, guru berjamaah bersama siswa, menerapkan budaya salam, dan siswa yang telat disanksi guru. Keduadampak kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi pengaruh positif yaitu patuh terhadap peraturan sekolah, prestasi dan harga diri (mengikuti lomba dan sajungan dari guru serta teman-temannya), pandai mengatur waktu, membangun kpribadian, aktif dalam mengikuti pembelajaran (aktif bertanya dan menjawab).
Tidak tersedia versi lain