Text
OPTIMALISASI PERAN PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Sulaiha, 2020, Optimalisasi Peran Pimpinan dalam Meningkatkan Prestasi
Kerja Karyawan di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi,
Program studi Perbankan syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Pembimbing: Taufikurrahman, M.H.
Kata Kunci: Peran Pimpinan, Prestasi Kerja Karyawan.
Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi salah satunya dipengaruhi
oleh faktor sumber daya manusia. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik
akan mendorong organisasi ke arah pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan
menunjukkan hasil kerja atau prestasi kerja dan menunjukkan performa organisasi
yang didorong dengan peran pimpinan dalam membentuk organisasi dan karyawan
seperti yang diharapkan. Seorang pemimpin harus menerapkan kepemimpinan
untuk mengelola bawahannya, karena seorang pemimpin akan sangat
mempengaruhi keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya dan memiliki
pengaruh besar dalam pembentukan perilaku bawahan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui
optimalisasi peran pimpinan dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan. Kedua:
peneliti ingin mengetahui ukuran penilaian prestasi kerja karyawan di PT BPRS
Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah cheking data dan organizing (pengelompokan)
data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, optimalisasi peran pimpinan
yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan dengan aktif
memberikan motivasi, semangat, dukungan, arahan, masukan, saran, dan binaan
tentang bekerja secara efektif dan efesien sesuai dengan SOP perusahaan dan
dengan sering mengadakan kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, briefing, pengajian,
musyawarah, study banding, dan family gahtering. Kedua, ukuran yang digunakan
sebagai standart dalam penilaian prestasi kerja karyawan adalah target/perolehan,
tingkah laku, kejujuran, inovasi, kedisiplinan, dan kerja sama. Bukti peningkatan
prestasi kerja karyawan di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan adalah data
target nasabah, target marketing funding, penilaian kinerja karyawan, omzet, NPF,
dan penghargaan sharia award.
Tidak tersedia versi lain