Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERBICARA SISWA KELAS IV MI MATHALIUL ULUM 1 MALANGAN PADEMAWU TIMUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Royyanatul Jannah, 2020, Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick dalam
Meningkatkan keaktifan berbicara Siswa Kelas IV MI Mathaliul Ulum 1
Malangan Pademawu Timur Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H.
Atiqullah, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Keaktifan Berbicara.
Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mampu memberikan
pelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan, untuk itu diperlukan model
pembelajaran talking stick yang mengaktifkan berbicara siswa dalam
pembelajaran, sehingga guru perlu menerapkan model pembelajaran talking stick.
Dalam model pembelajaran talking stick dalam bentuk permainan menggunakan
batuan tongkat yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran
yang menarik dan mengkondisikan siswa, salah satunya yaitu dalam bentuk
(talking stick) tongkat bergulir dengan iringan lagu atau musik yang menarik
siswa agar lebih semangat dalam pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja jenis-jenis kegiatan berbicara
dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan
keaktifan berbicara siswa kelas IV MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu
Timur Pamekasan?; kedua, bagaimana implementasi model pembelajaran talking
stic dalam meningkatkan keaktifan berbicara siswa kelas IV MI Mathaliul Ulum 1
Malangan Pademawu Timur Pamekasan?; ketiga, apa saja faktor pendukung dan
penghambat terlaksananya model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan
keaktifan berbicara siswa kelas IV MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu
Timur Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Penelitian dilakukan di MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu Timur
Pamekasan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Dan pengumpulan
data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama jenis-jenis kegiatan
berbicara yang digunakan guru yaitu diskusi, ceramah, dan bercerita. Kedua,
implementasi model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan keaktifan
berbicara siswa yaitu dapat dilihat dari proses atau langkah guru dari awal
pembelajaran menjelaskan tujuan pembelajaran, menyiapkan sebuah tongkat,
kemudian menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, setelah itu
memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca sehingga mengambil
tongkat dan memberikan kepada siswa dengan bergulir, setelah itu memberikan
pertanyaan dan siswa yang memegang tersebut harus menjawabnya maka tongkat
diarahkan kepada siswa lain, seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat
bagian untuk menjawab setiap pertanyaan, memberikan kesimpulan, evaluasi dan
penutup. Ketiga, Faktor pendukung seperti sarana dan prasarana, keaktifan siswa
itu sendiri dalam berbicara, kesabaran guru dalam mengajar dan fator lingkungan.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, sumber belajar masih minim, alat peraga
atau media masih terbatas, dan kemampuan anak dalam berfikir berbeda
Tidak tersedia versi lain