Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V MI. AL-FALAH III LARANGAN LUAR LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Halalatul Fajariyah, 2020. Pengaruh Metode Pembelajaraan Kooperatif
Tipe Teams Games Turnament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V MI. Al-Falah III. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing Fatimatuz Zahroh, M.Pd.
Kata Kunci: TGT, Hasil Belajar Siswa.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus menempuh beberapa
cara yaitu melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar, baik dari segi media,
metode atau strategi pembelajaran. Pemberian media, metode atau strategi yang
tepat pada siswa sangatlah berpengaruh guna untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh metode
pembelajaraan kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap hasil
belajar piswa Pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V MI.
Al-Falah III, tujuan lainnya peneliti ingin mengetahui seberapa besarkah pengaruh
metode Pembelajaraan kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah diterapkan pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas V.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dengan menggunakan instrumen (tes) yang telah diisi oleh
23 siswa kelas V MI.Al-Falah III. Analisis data yang digunakan untuk mencari
pengaruh variabel independen dan dependen adalah analisis data komparatif uji t.
Dari hasil analisis data menggunakan uji t, diperoleh t hitung = -6,559,
atau t hitung = 6,559. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan t tabel. Untuk
df = N-1 = 23-1 = 22. Dilihat dari nilai t tabel untuk df 22 adalah 2,07. Sehingga t
hitung = 6,559lebih besar dari t tabel= 2,07. Karena t hitung > t tabel atau 6,559 >
2,07, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe
TGT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan
pengurangan pecahan. Sedangkan besar pengaruh yang dihitung dari persentase
yaitu sebesar 28%.
Tidak tersedia versi lain