Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH SISWA KELAS I SDI MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Isnaini, 2020, Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Arab untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah di SDI Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN
Madura, Pembimbing: Aflahah, M. Pd.
Kata kunci:Pembelajaran Baca Tulis Arab, Huruf Hijaiyah.
Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran baca tulis
arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa agar
nantinya siswa mampu untuk bisa membaca huruf hijaiyah dengan baik sesuai
dengan kaidah-kaidah yang berlaku seperti tanda baca pada huruf hijaiyah serta
hukum bacaannya, agar nantinya siswa dapat membaca al-Qur’an dengan benar.
Fokus penelitian ini ada 4 masalah: Pertama, bagaimana perencanaan guru
dalam menerapkan pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan kemampuan
membaca huruf hijaiyah; Kedua, bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis
arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah; Ketiga,
bagaimana evaluasi guru dalam pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan
kemampuan membaca huruf hijaiyah; Keempat, bagaimana tindak lanjut dari
pembelajaran baca tulis arab untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf
hijaiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sumber data atau informannya adalah guru kelas I dan siswa kelas I, sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan guru dalam
menerapkan pembelajaran baca tulis arab adalah membuat RPP terlebih dahulu
sebagai acuan dan pedoman saat proses belajar mengajar berlangsung sekaligus
mempersiapkan buku ajar yang akan diajarkan kepada siswa; Kedua,
implementasi pembelajaran baca tulis arab adalah menyampaikan materi,
membaca bersama-sama, dan menyuruh siswa untuk menulis, dan terakhir tes
baca satu-satu maju ke hadapan guru; Ketiga, Evaluasi pembelajaran baca tulis
arab dilakukan diakhir pembelajaran dengan mengetes satu-satu sambil lalu
dinilai, lewat evaluasi ini dapat diketahui bahwasanya ada 7 siswa yang memiliki
kemampuan membaca dengan bagus, 4 siswa dengan kemampuan membaca
cukup bagus, dan 4 siswa memiliki kemampuan membaca sedang; Keempat,
Tindak lanjut yang dilakukan dari penerapan ini yaitu disesuaikan dengan tingkat
kemampuan siswa, dimana yang 7 siswa yang kemampuannya bagus dalam
membaca yaitu dengan pengulangan, 4 siswa yang kemampuan membacanya
cukup bagus yaitu dengan pemantapan dan pengulangan, sedang 4 siswa yang
kemampuan membacanya sedang yaitu dengan melakukan pembinaan khusus.
Tidak tersedia versi lain