Text
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDI MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Linnafsil Laili, Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Metode
Diskusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDI Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan, Skripsi, program studi pendidikan guru madrasah
ibtidaiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Heni Listiana, M. Pd.I.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Metode Diskusi, Pembelajaran bahasa
Indonesia
Latar belakang masalah penelitian Pada dasarnya anak sekolah dasar yang
memiliki prestasi bahasa Indonesia yang baik ia dapat memahami pembelajaran
bahasa Indonesia. Namun, pada kenyataannya siswa kelas III masih belum bisa
membaca, padahal kegiatan membaca banyak dilakukan saat pembelajaran bahasa
Indonesia. Dimana pada pembelajaran bahasa menuntut agar siswa kelas III harus
dapat membaca dengan baik dan lancar, namun kenyataannya banyak anak kelas
III hingga memasuki kelas berikutnya banyak yang belum bisa membaca dengan
lancar. Untuk mengupayakan peningkatan membaca perlu mengadakan penelitian,
yang bertujuan mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam pembelajaran
bahasa Indonesia dan peningkatan kemampuan membaca siswa setelah metode
tersebut diterapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan membaca siswa dalam
pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas III SDI Matsaratul Huda dengan
menerapkan metode diskusi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab
permasalahan: pertama, bagiamana perencanaan penerapan metode diskusi pada
pembelajaran bahasa Indonesia; kedua, bagaimana penerapan metode diskusi
dapat meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia;
tiga, bagaimana hasil penerapan metode diskusi terhadap kemampuan membaca
dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDI Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)
model kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari
2020 dalam dua siklus dalam setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian
ini siswa kelas III SDI Matsaratul Huda yang berjumlah 19 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes,
lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan dalam perencanaan penerapan metode diskusi
dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu menyiapkan RPP dan merancang
metode diskusi serta lembar kerja siswa sedangkan dalam penerapannya metode
diskusi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDI Matsaratul
Huda Panempan Pamekasan, terlihat dari setiap siklus yang dilakukan dimana
kemampuan membaca siswa mengalami kenaikan setiap siklusnya yaitu pada
prasiklus ada 8 siswa atau 42,10%, mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 13
siswa atau 68,42% dan diakhiri siklus II menjadi 16 siswa atau 84,21% yang
lulus. Hasil tersebut ini sudah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 80%.
Tidak tersedia versi lain