Text
IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SKI KELAS XI DI MA SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Ayu Kurniawati, 2020, Implementasi Model Inkuiri Learning dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SKI kelas XI di MA Sumber Bungur Pakong
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam(PAI), Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura Pamekasan, Pembimbing: Dr. Hj.
Waqiatul Masrurah, M.Si.
Kata Kunci:Model Inkuiri Learning, Kualitas Pembelajaran, SKI
Model pembelajaran inkuiri suatu bentuk dari pendekatan pembelajaran
yang berorientasi kepada peserta didik, dalam hal ini peserta didik memang
memegang peran yang sangat dominan dalam proses pembelajaran. Peserta didik
di dorong untuk belajar sebagian besar melalui keterlibatan aktif mereka sendiri
dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip serta guru hanya menjadi
fasilitator.Pada skripsi ini ada 3 fokus penelitian yaitu: Pertama, Implementasi
Model Inkuiri Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SKI kelas
XI di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? Kedua, Efektivitas Pembelajaran
melalui Model Inkuiri Learning pada Pembelajaran SKI kelas XI di MA Sumber
Bungur Pakong Pamekasan?Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat Model
Inkuiri Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SKI kelas XI di
MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Data yang diperoleh ialah dengan cara wawancara terstruktur,
observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala madrasah,
guru SKI, dan siswa. Adapun teknik penulisan datanya ialah dengan cara analisis
non-statistik meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan tau verivikasi.
sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya ialah melalui perpanjangan
kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama,
Implementasi model inkuiri learning dalam meningkatkan kualiatas
pembelajaran SKI yaitu Salah satu tekniknya memberi motivasi kepada kepada
siswa agar aktif, gurunya juga harus aktif. Perkembangan mengenai kualitas
pembelajarannya sudah mulai meningkat dari sebelumnya.Kedua, Efektivitas
Pembelajaran melalui Model Inkuiri Learning pada Pembelajaran SKI yaitu
pembelajaran SKI dengan menggunakan model inkuiri sudah berjalan dengan
efektif, dengan menggunakan model inkuiri jelas akan lebih menjadikan siswa
untuk selalu terlibat dan banyak berdikusi dalam penerapannya. Guru dalam
pembelajaran SKI disini hanya menjadi fasilitator selebihnya murid yang lebih
berperan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Ketiga, Faktor pendukung
dan penghambat Model Inkuiri Learning dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran SKI yaitu Faktor pendukung yaitu, terdapat sarana dan prasarana
yang memadai, antusias siswa dalam proses belajar mengajar, pemberian
motivasi dari guru yang gigih. Faktor penghambat yaitu dalam
mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga sering
guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan, dan Kesulitan
dalam memilih metode yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain