Text
PERAN GURU DALAM KEBERHASILAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMA NEGERI 1 TORJUN KABUPATEN SAMPANG
ABSTRAK
Ahsana Amala, 2020, Peran Guru Dalam Keberhasilan Belajar Siswa Mata
Pelajaran PAI kelas XI Melalui Model Pembelajaran Langsung di SMA Negeri 1
Torjun Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam
(PAI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura Pamekasan,
Pembimbing: Drs. H.Zainol Hasan M.Ag.
Kata Kunci: Peran Guru, Keberhasil Belajar, Pendidikan Agam Islam,
Model Pembelajaran Langsung
Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan,
keberhasilan dan juga pencapaian tujuan dari proses pembelajaran di sekolah
dipengaruhi oleh peran guru dalam meningkatkan hasil belajar. Pada skripsi ini ada
3 fokus penelitian yaitu: Pertama pelaksanaan pembelajaran PAI dengan
menggunakan model pembelajaran langsung kelas XI di SMA Negeri Torjun
Kabupaten Sampang? Kedua, peran guru dalam keberhasilan belajar siswa mata
pelajaran PAI melalui model pembelajaran langsung kelas XI di SMA Negeri 1
Torjun Kabupaten Sampang? Ketiga, tolak ukur keberhasilan belajar siswa mata
pelajaran PAI melalui model pembelajaran langsungkelas XIdi SMA Negeri 1
Torjun Kabupaten Sampang?
Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian fenomenologis. Data yang diperoleh ialah dengan cara wawancara
terstruktur, observasi non-participant, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah
Kepala Sekolah, guru bidang Agama Islam, dan siswa. Adapun teknik penulisan
datanya ialah dengan cara analisis non-statistik meliputi reduksi data, penyajian
data, kesimpulan tau verivikasi. sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya
ialah ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan
pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran langsungadalah
menyiapkan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran.
Kedua, peran guru dalam keberhasilan belajar siswa mata pelajaran PAI melalui
model pembelajaran langsung adalah tentang cara menampilkan diri yang baik
sebagai pendidik, menjadi pemimpin dalam kelas, memberikan motivasi, serta
Kendala dalam menyampaikan materi jika menggunakan model pembelajaran
langsung. Ketiga, tolak ukur keberhasilan belajar siswa mata pelajaran PAI melalui
model pembelajaran langsung ada tiga yakni, Pertama, Ranah Kognitif yang
diterapkan untuk keberhasilan belajar siswa yakni dengan mengingat, memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan, dan juga mengevaluasi, dan dapat juga
diukur melalui tes objektif dan juga tes subjektif. Kedua, Ranah Afektifyang
diterapkan dalam keberhasilan belajar yakni, menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
dan tanggung jawab. Dan juga dapat diukur melalui observasi. Ketiga,Ranah
Psikomotorik yang dapat diterapkan dalam keberhasilan belajar yakni dengan
mengolah, menalar, dan menyajidari pengembangan yang di pelajari di sekolah
secara mandiri. Dan juga dapat diukur melalui pengamatan secara langsung serta
penilain terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran, dan juga dapat
melakukan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain