Text
IMPLEMENTASI NILAI DAN MORAL MELALUI PENDEKATAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS IX DI SMPN
ABSTRAK
Ayu Indang, 2020, ImplementasiNilai dan Moral melalui Pendekatan
Afektif dalam Pembelajaran PAI SiswaKelas IX di SMPN 8 Pamekasan, Skripsi,
Program StudiPendidikan Agama Islam, FakultasTarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Suwantoro,M.Pd.I
Kata Kunci: Nilai dan Moral, Pendekatan Afektif, Pembelajaran PAI
Nilai dan moral merupakan seperangkat aturan yang terorganisasi untuk
memilih pilihan baik buruk tentang sikap, akhlak dan budi pekerti. Nilai dan
moral begitu penting karena ketika seseorang telah memiliki moral yang baik,
kepribadian yang menyenangkan, tutur kata yang lembut, dan kepedulian yang
tinggi terhadap sesama, maka akan terhindar dari perbuatan yang dapat
merugikan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,Bagaimana implementasi nilai dan
moral melalui pendekatan afektif dalam pembelajaran PAI siswa kelas IX di
SMPN 8 Pamekasan; kedua, Apa sajakah faktor pendukung implementasi nilai
dan moral melalui pendekatan afektif dalam pembelajaran PAI siswa kelas IX di
SMPN 8 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor penghambat implementasinilai dan
moral melalui pendekatan afektif dalam pembelajaran PAI siswa kelas IX di
SMPN 8 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini data primer dan sekunder, dengan
objek penelitian di SMPN8 Pamekasan dengan informan yang diwawancarai
adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PAI kelas IX dan siswa kelas IX.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, nilai dan moral melalui
pendekatan afektif dalam pembelajaran PAI siswa kelas IX di SMPN 8
Pamekasan adalah Dengan cara memberi contoh atau teladan bagi siswa, dan
implementasinya dalam pembelajaran PAI secara umum sudah berjalan dengan
baik, mulai dari persiapan perencanaan hingga proses pelaksanaan pembelajaran
juga menerapkan nilai moral salah satunya; religius, jujur, disiplin, tanggung
jawab, dak komunikatif. Sehingga dengan adanya penerapan nilai moral disekolah
dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kedua, ada beberapa
faktor pendukung dalam implementasi nilai dan moral melalui pendekatan
afektif dalam pembelajaran PAI yaitu; 1) Adanya ekstra kurikuler keagamaan
(tilawah). 2) Dengan adanya pendekatan dari wali kelas, BK, danWaka kesiswaan.
3) SDM guru yang memadai sehingga kualitas guru memang harus sejalan
dengan apa yang diajarkan, karena guru merupakan tombak dalam merealisasikan
pembelajarannya terhadap siswa. Ketiga, ada beberapa faktor penghambat
dalam implementasi nilai dan moral melalui pendekatan afektif dalam
pembelajaran PAI yaitu; 1) Pengaruh lingkungan dari luar dan pola asuh orang
tua. 2) Kurangnya jam pelajaran PAI dalam satu minggu. 3) Adanya teknologi
yang semakin canggih yaitu gudget.
Tidak tersedia versi lain