Text
STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) IAIN MADURA DALAM UPAYA MENARIK CALON MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017-2019
ABSTRAK
Farihatul Adilah, 2020, Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) IAIN Madura Dalam Upaya Menarik Calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017-2019, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Madura, dosen pembimbing: Zubdatul Munawwarah, S. Sos.I, M.Sc.
KATA KUNCI :StrategiHumas, Menarikminat, Calon Mahasiswa.
Institut Agama Islam Negeri Madura merupakansalahsatuperguruantinggifavorit di Madura sehinggatidakdapatdipungkiribahwapendaftarcalonmahasiswabarumulaidaritahun 2017-2019 cenderungmeningkat. Hal initidakakanterlepasdaricampurtanganHumasdankaryawanlainnya yang ada di dalam IAIN Madura. Strategi yang digunakanolehHumas IAIN Madura jugamenjadifaktor yang membuat para pendaftarmerasatertarikuntukmemilih IAIN Madura sebagaiperguruantinggi yang akandiampu. Faktorpendukungdanpenghambatdalam pelaksanaan strategi humas pun menjadisalahsatupenentukeberhasilandariusahaHumas IAIN Madura dalamupayamenarikcalonmahasiswabaru. Melihat fenomena sosial yang ada di IAIN Madura ini, membuat peneliti menilai fenomena ini menarik untuk diteliti.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Bagaimana fungsi dan strategi Humas IAIN Madura dalam upaya menarik calon mahasiswa baru tahun akademik 2017-2019, kedua, Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi Humas IAIN Madura dalam upaya menarik calon mahasiswa baru tahun akademik 2017-2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu mengkaji dan mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh humas dalam menarik minat calon mahasiswa baru tahun akademik 2017-2019.Dalam proses pengumpulan data, dilakukan dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan, melakukan observasi secara mendalam,wawancara, serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan.
Hasil kajian penelitian ini, Fungsi humas IAIN Madura, pertama, menjadi komunikator baik secara langsung dan secara tidak langsung. Kedua, menjadi pembangun hubungan yang positif dengan publik internal dan eksternal. Ketiga, menunjang kegiatan promosi di IAIN Madura. Keempat, menjadi pembuat citra yang positif dengan mengarahkan opini masyarakat ke hal-hal yang positif. Humas IAIN Madura menggunakan beberapa strategi untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Pertama, menggunakan komunikasi langsung yakni pada tahun 2017 & 2018 humas mengadakan sosialisasi ke kantor kemenag di empat kabupaten di Madura. Kedua, menggunakankomunikasitidaklangsungyaknimenggunakan media dengancaramempublikasikan informasi mengenai IAIN Madura melalui media, baik media massa, online, dan sosial.
Tidak tersedia versi lain