Text
PERAN GURU IPS DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS RUANG I PAI DI MTSN 3 PAMEKASAN
v
ABSTRAK
SIPAN, 2020, Peran Guru IPS dalam Pembentukan Moral Siswa pada Mata
pelajaran IPS di Ruang 1 PAI MTsN 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing:
Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru IPS, Pembentukan Moral, Mata Pelajaran IPS
Madrasah sebagai salah satu tempat untuk melangsungkan kegiatan belajar
mengajar secara terus menerus berkembang. Perkembangan yang sangat cepat dan
dibarengi dengan kemajuan teknologi seringkali berdampak positif maupun
negatif. Kemudahan dalam bersosial media mempengaruhi setiap penggunanya.
Kemudian masuk kedalam sendi-sendi kehidupan. Benturan nilai-nilai sering
terjadi sebagai akibat dari kemajuan teknologi, akhirnya akan menyeret bangsa ini
pada kemerosotan Moral. Madrasah juga mempunyai tanggung jawab terhadap
pembentukan moral anak oleh karena itu peran guru sangat penting dan besar
pengaruhnya terhadap keberhasilan pendidikan moral di Madrasah bahkan sangat
menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam mengembangkan pribadinya
secara utuh. Pembentukan Moral dapat disisipkan dalam setiap mata pembelajaran
salah satunya pada mata pelajaran IPS. Guru IPS diharapkan dapat memberikan
membentuk pribadi yang baik dan bermoral.
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian
dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana peran Guru IPS dalam
pembentukan moral siswa pada mata pelajaran IPS Ruang 1 PAI di MTsN 3
Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi peran Guru
dalam pembentukan Moral siswa Ruang 1 PAI di MTsN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah waka kurikulum, guru IPS dan siswa ruang 1 PAI. Sedangkan
sedangkan data yang dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru dalam pembentukan
moral siswa dalam mata pelajaran IPS diataranya berperan sebagai pendidik,
sebagai pembimbing, dan sebagai edukator selain itu upaya guru dalam
pembentukan moral siswa dilakukan dengan cara pendidikan langsung melalui
pembinaan moral, bimbingan, teguran, dialog dan nasehat. Faktor pendukung
dalam pembentukan moral siswa antara lain data pribadi siswa dapat dilihat dari
bagaimana latar belakang siswa dan orang tua orang tuanya, watak karakter yang
sudah terbentuk moral yang baik dari siswa, pengetahuan tentang pengertian
moral, tahu cara menempatkan diri yang benar dalam bersikap dan berperilaku,
kemudian lingkungan yang baik dan kecerdasannya. Faktor penghambat dalam
pembentukan moral siswa antara lain timbul dari diri siswa itu sendiri, faktor
pergaulan yang tida baik, faktor sosial media dan faktor waktu dimana guru tidak
dapat secara terus menerus melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan yang
dilakukan oleh siswa.
Tidak tersedia versi lain