Text
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SDN KONANG 2 KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Lailan Saufina, 2020, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan
Minat Baca Siswa SDN Konang 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan,
M.Ag.
Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa
Kurangnya minat terhadap membaca merupakan salah satu masalah dari
sekian banyak permasalahan yang dialami oleh peserta didik di sekolah. Hal itu
akan berimbas kepada proses KBM di dalam kelas. Karena membaca merupakan
salah satu dari keempat keterampilan berbahasa yang harus dimiliki khususnya
untuk peserta didik. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa membantu dalam
upaya literasi siswa yaitu dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah. Dengan
adanya pemanfaatan tersebut, maka perpustakaan bukan lagi hanya sebatas tempat
penyimpanan buku akan tetapi lebih dari itu, perpustakaan bisa menghasilkan
budaya bagi siswa, yaitu membaca.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana minat baca siswa di SDN
Konang 2; kedua, bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam
menumbuhkan minat baca siswa di SDN Konang 2; ketiga, apa saja faktor
pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam
menumbuhkan minat baca siswa di SDN Konang 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dengan menjadikan kepala sekolah, pengelola perpustakaan, guru, dan juga siswa
sebagai informan. Analisis data dalam penelitian ini reduksi data, display data,
dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data mengunakan
perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, triangulasi dan analisis kasus
negatif. Adapun tahap-tahap penelitian ini adalah pralapangan, penelitian dan
pelaporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, keadaan dan kondisi
minat baca siswa di SDN Konang 2 berdasarkan tahapan minat membacanya,
siswa masih ada pada tahapan pertama yaitu pada tahap kegemaran membaca saja,
itupun kegemaran mereka hanya pada buku bacaan tertentu. Dan juga motivasi
membaca mereka hanya karena tuntutan guru dan sekolah saja bukan karena
inisiatif dari diri siswa itu sendiri; kedua, pemanfaatan perpustakaan sekolah
dalam menumbuhkan minat baca dilakukan dengan cara menjalankan kebijakankebijakan yang telah disepakati terkait dengan pemanfaatan perpustakaan yaitu
dengan berjalannya penjadwalan jam wajib kunjung ke perpustakaan, dan
menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber dan referensi tambahan
belajar; ketiga, faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam
menumbuhkan minat baca berupa adanya sarana dan prasarana, adanya pemberian
reward, dan juga adanya ‘jam wajib’ kunjung ke perpustakaan. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu keterlambatan pengembalian buku, mood siswa yang
berubah-ubah, sarana dan prasarana yang kurang, serta datang dari sumber daya
manusia itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain