Text
INOVASI DISRUPTIF DALAM STRATEGI PEMASARAN SEGMENTATION, TARGETING, DAN POSITIONING (STUDI KASUS GO-JEK DI KABUPATEN KOTA PAMEKASAN)
ABSTRAK
Dendi Apriliyanto Handika Putra, 2020, Inovasi Disruptif dalam Strategi
Pemasaran Segmentation, Targeting, dan Positioning (Studi Kasus Go-Jek
di Kabupaten Kota Pamekasan), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing: Dr. H. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata Kunci: Inovasi Disruptif, Strategi Pemasaran Segmentasi, Targeting, dan
Pemosisian Pasar.
Perkembangan dunia bisnis pada era globalisasi saat ini semakin ketat,
mengakibatkan segala sesuatu bergerak dengan cepat, dan situasipun akan cepat
berubah yang kemudian berpengaruh terhadap suatu capaian perusahaan.
Fenomana inilah yang kemudian dikenal sebagai inovasi disruptif. inovasi bisnis
semacam ini muncul untuk merubah sistem pelayanan yang sudah mulai menua
dengan artian memperbaiki pelayanan pada pasar agar konsumen lebih mudah
mendapatkan suatu informasi, produk ataupun layanan yang diinginkan yang di
tandai dengan 3S yaitu Speed, Surprises, dan sudden shift. Keberhasilan suatu
perusahaan tidak lepas dari adanya tantangan dari pesaing, khususnya dalam
dunia bisnis. Maka dari itu dibutuhkan suatu strategi baik yang harus diterapkan
untuk menunjang pencapaian suatu perusahaan. Jika suatu perusahaan mampu
mencapai tujuan tersebut, maka perusahaan tersebut dapat dikategorikan berhasil.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk menganalisis Speed,
Surprises dan Sudden Shift pada Segmentation Go-Jek di Kabupaten kota
Pamekasan; kedua, untuk menganalisis Speed, Surprises dan Sudden Shift pada
Targeting Go-Jek di Kabupaten kota Pamekasan; ketiga, untuk menganalisis
Speed, Surprises dan Sudden Shift pada Positioning Go-Jek di Kabupaten kota
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi
dan dokumentasi dengan melibatkan beberapa Informan yaitu pengurus, mitra
driver dan pelanggan Go-Jek di Pamekasan. Serta pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Go-Jek di Pamekasan
menggunakan 2 jenis segmentasi pasar yaitu segmentasi geografis dengan
membagi atau mengelompokkan mitranya di setiap wilayah agar mudah di
jangkau oleh konsumen dan segmentasi psikografis mengelompokkan berbagai
jenis layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kedua, Strategi sasaran pasar
(target market) yang dituju oleh Go-Jek di Pamekasan tidak ada sasaran khusus
kepada konsumen yang ingin menggunakan layanan dalam aplikasi Go-Jek. GoJek bisa di akses oleh semua kalangan untuk semua layanan yang ada di dalam
aplikasi Go-Jek sesuai kebutuhan pengguna. Ketiga, Penentuan posisi pasar atau
Positioning Go-Jek di Pamekasan juga didasarkan pada penentuan atribut harga
dan kualitas produk. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan atau alasan
konsumen memilih untuk menggunakan jasa transportasi Go-Jek di Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain