Text
THE USE OF BRAINSTORMING TECHNIQUE IN TEACHING STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT EIGHT GRADE OF MTS UMMUL QURO PUTRI
ABSTRAK
Maratus Sholehah, 2020, Penggunaan Teknik Brainstorming dalam Mengajar Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Delapan MTs Ummul Quro Putri, Program Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Hasan Basri, M.Pd.
Kata kunci: Berbicara, Teknik brainstorming
Berbicara selalu menjadi keahlian yang sangat menarik karena sebagai siswa-siswi bahasa mereka harus mahir berbicara bahasa inggris. Berbicara adalah sebuah cara untuk membuat siswa-siswi membuktiakan kemampuan mereka dalam komunikasi seperti menyatakan pendapat-pendapat, ide-ide, atau yang lainnya. ada banyak teknik yang bisa digunakan oleh guru bahasa inggris tapi untuk membantu siswa-siswi untuk menyatakan ide-ide dengan mudah, guru bahasa inggris menggunakan sebuah teknik ketika mereka mengajar siswa-siswi mereka untuk merangsang siswa-siswi ketika guru menyampaikan materi dan salah satu teknik yang digunakan oleh guru adalah teknik brainstorming. Tehnik brainstorming adalah salah satu tehnik dimana guru bisa memberikan kesempatan yang besar untuk siswa-siswi mereka dalam menyampaikan atau menerima pendapat-pendapat atau ide-ide.
Berdasarkan penjelasan diatas, peneliti memiliki tujuan untuk menggambarkan penggunakan teknik brainstorming dalam mengajar kemampuan berbicara siswa-siswi dan untuk menjelaskan dampak untuk siswa-siswi dari penggunaan teknik brainstorming dalam mengajar kemampuan berbicara siswa-siswi kelas delapan MTs Ummul Quro Putri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Peneliti adalah instrument kunci untuk mengumpulkan data dengan mengambil posisi sebagai non-partisipan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik. Yaitu: Observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penggambaran dan verifikasi kesimpulan. Untuk menvalidkan data, peneliti menggunakan sumber data triangulasi dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa inggris mempersiapkan dengan baik dalam menggunakan brainstorming teknik. Guru bahasa inggris hanya menggunakan beberapa langkah brainstorming dari semua langkah-langkah brainstorming dan beberapa langkah tersebut meliputi memberikan informasi dan motivasi, identifikasi, dan kesimpulan.
Penggunaan teknik brainstorming juga memberikan dampak untuk siswa dalam kemampuan berbicara. disini, ada beberapa dampak untuk siswa ketika guru bahasa inggris menggunakan teknik brainstorming untuk mengajar kemampuan berbicara siswa yaitu, siswa lebih aktif, siswa lebih senang, membuat siswa antusis, siwa dilatih untuk berfikir dan meningkatkan kemampuan berbicara, membuat kondisi kelas menjadi tenang.
Berdasarkan hasil diatas, disarankan untuk guru bahasa inggris untuk menggunakan semua langkah demi langkah brainstorming dengan baik agar kemampuan berbicara siswa lebih meningkat lagi dan untuk siswa, tunjukkan kemampuan berbicara dikelas agar membuat kemampauan berbicaramu lebih baik.
Tidak tersedia versi lain