Text
NILAI-NILAI PENDIDKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT DARI JAWA TIMUR KARYA DWIANTO SETYAWAN
ABSTRAK
Afifur Rahman 2020, Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat dari Jawa Timur Karya Dwianto Setyawan, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci : Nilai pendidikan karakter, Cerita rakyat
Cerita rakyat terdiri atas beberapa jenis, antara lain dongeng dan legenda. Dongeng adalah cerita rakyat yang sifatnya khayal semata. Sedangkan legenda adalah cerita rakyat yang ada kaitannya dengan suatu kebiasaan atau adat istiadat yang tetap berlangsung sampai sekarang. Misalnya, legenda Asal-Usul Upacara Kasada dari Jawa Timur. Kasada merupakan sebuah upacara keagamaan yang dilakukan orang-orang Tengger, penduduk lereng Gunug Bromo.
Keberadaan cerita rakyat hampir tidak dikenal oleh masyarakat saat ini, dikarenakan masyarakat generasi saat ini cenderung terfokuskan dalam dunia digital, sehingga kebudayaan mendengarkan dan membaca cerita rakyat perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat dan mendeskripsikan jenis dan fungsi pesan moral dari nilai-nilai tersebut.
Berdasarkan latar belakang masalah, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1). Bagaiman jenis nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat dari Jawa Timur. 2). Bagaimana fungsi pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat dari Jawa Timur.
Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak dan mencatat nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat dapat memberikan sumbangsi pada dunia saat ini dikarenakan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat Jawa Timur merupakan nilai pendidikan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat cocok untuk ditanamkan pada diri. Sumber data yang dianalisis adalah cerita rakyat dari Jawa Timur yang berupa buku berbahasa Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis nilai-nilai pendidikan karakter ditemukan tiga nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat dari Jawa Timur yaitu: 1) religius, 2) patriotisme, 3) nilai nasionalisme. Adapun fungsi yang terkandung dalam cerita rakyat dari Jawa Timur ditemukan ada empat nilai pendidikan karakter yaitu: 1) intelektual 2) sosial 3) moral 4) kehendak. Pesan moral cerita rakyat dari Jawa Timur tidak hanya sebagai bahan bacaan dan pengantar anak-anak ketika mau tidur , akan tetapi di dalam cerita rakyat dari Jawa Timur dapat menemukan pelajaran moral seperti baik dan buruk, kebenaran dan keadilan, kesetiaan dan pengkhianatan. Dengan menyimak cerita rakyat akan memperoleh beberapa manfaat. Pertama, kita adapat menikmati kisah-kisah yang menarik, yang mengandung pelajaran. Kedua, kita akan dapat mengenali mengapa atau bagimana suatu adat atau kebiasaan dapat terjadi.
Tidak tersedia versi lain