Text
STUDI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SEBAGAI AGEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MAARIF 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Raudatul Islamiyah Trihandayani, 2020. Studi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sebagai Agen Pendidikan Karakter Di SMP Maarif 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi TIPS, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Siti Azizah, M.Pd
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Kompetensi Pedagogik Guru, Pendidikan Karakter
Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru IPS sebagai agen pendidikan karakter di SMP Maarif 1 Pamekasan; (2) untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi oleh guru IPS dalam mengembangkan kompetensi pedagogiknya sebagai salah satu agen pendidikan karakter di SMP Maarif 1 Pamekasan dan bagaimana solusinya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Sumber penelitiannya ialah guru IPS, dimana dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk uji keabsahan data penulis menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi. Strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru IPS sebagai agen pendidikan karakter yaitu yang pertama mengikuti pelatihan, mengikuti program sertifikasi, mengikuti seminar dan workshop, melakukan rancangan pembelajaran yang menekankan kepada aspek penanaman pendidikan karakter kepada siswa, melakukan pemanfaatan teknologi, melakukan komunikasi dengan siswa, dan melakukan evaluasi hasil belajar, dan lain sebagainya. Kendala yang dihadapi guru IPS dalam mengembangkan kompetensi pedagogiknya yaitu minimnya program pengembangan kompetensi pedagogik yang diikuti, sarana dan prasaran sekolah yang kurang memadai, tidak adanya program khusus sekolah yang mendukung pengembangan kompetensi pedagogik guru, kurangnya evaluasi terhadap tanggung jawabnya dalam menjalankan profesinya sebagai seorang guru, baik dalam proses kegiatan belajar mengajar, dan yang lainnya. Sedangkan solusinya, yaitu menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab terhadap profesi yang diembannya, melakukan evaluasi kinerja, lebih inten lagi dalam mengikuti program pengembangan kompetensi pedagogik guru, dan lain sebagainya
Tidak tersedia versi lain