Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA DANA INDIRECT COST DAN SOCIAL COST UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DAN SISWA DI MTs NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Fitriyatun Hasanah, 2020, Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengelola Dana
Indirect Cost dan Social Cost Untuk Pengembangan Kompetensi Guru dan Siswa
di MTs Negeri 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Ali Nurhadi, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci : Strategi, Kepala Madrasah, Indirect Cost, Social Cost
Biaya merupakan hal yang sangat urgent dalam semua sektor kehidupan,
terutama dalam pendidikan. Dalam pelaksanaannya, pendidikan tidak dapat
dipisahkan dari masalah dana. Maka perlu adanya manajemen pembiayaan untuk
mengelola biaya pendidikan agar efektif dan efisien. Untuk menciptakan
pendidikan yang ideal kepala madrasah dituntut untuk menjadi pemimpin yang
kreatif, inovatif, profesional dan mampu mengoptimalkan segala sumber daya yang
ada di madrasah. sebab, suatu keberhasilan lembaga pendidikan tergantung pada
kepemimpinan kepala madrasah. Dalam hal ini, kepala madrasah sebagai seorang
pemimpin harus bisa menggali sumber-sumber pembiayaan agar dapat
menciptakan pendidikan yang inovatif dan kreatif dan tentunya murah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala madrasah
dalam mengelola dana indirect cost dan social cost untuk pengembangan
kompetensi guru dan siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan; kedua, apa saja faktor
yang mempengaruhi strategi kepala madrasah dalam mengelola dana indirect cost
dan social cost untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa di MTs Negeri 3
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara open-ended dan
terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipan.
Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala madrasah
dalam mengelola dana indirect cost dan social cost untuk pengembangan
kompetensi guru dan siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan ialah dengan didasari alur
pikir dan tata kelola entrepreneur kepala madrasah. Dengan mengoptimalkan
potensi-potensi yang ada di madrasah untuk memiliki alternatif income selain BOS
yang dapat menyelenggarakan pendidikan dengan baik tanpa berpikir tentang
pembiayaan. Kedua, faktor yang mempengaruhi strategi kepala madrasah dalam
mengelola dana indirect cost dan social cost untuk pengembangan kompetensi guru
dan siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan yaitu faktor pendukung dan penghambat
serta solusi yang digunakan agar tidak menjadi penghambat dalam pengembangan
tata kelola entrepreneur madrasah.
Tidak tersedia versi lain