Text
STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MTs NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Novi Nordiana, 2020, Strategi Peningkatan Kompetensi Pendidik MTs Negeri 3
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing :Dr. Buna’i, S,Ag.,M.Pd
Katakunci: strategi, peningkatan, kompetensi, pendidik
Strategi peningkatan kompentensi pendidik adalah serangkaian cara atau
strategi yang disusun secara terencana yang bertujuan untuk tercapainya keiginan
dalam sebuah oganisasi yang mana kompetensi disini yaitu gabungan dari
kemampuan, keterampilan, nilai, kecakapan dan sifat yang mendasari karakteristik
pendidik yang professional di sekolah yang bertugas mendidik, mengajar,
membimbimbing, mengarahkan, melatih dan mengevaluasi. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kompetensi pendidikdi MTs Negeri 3
Pamekasan; kedua, bagaimana strategi peningkatan kompetensi pendidik di MTs
Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tak terstruktur,
sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipan.
Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kompetensi pendidik di
MTs Negeri 3 Pamekasan adalah kompetensi pedagogik, kompetensi sisosial,
kompetensi professional dan kompetensi kepribadian. Kedua, strategi peningkatan
kompetensi pendidikdi MTs Negeri 3 Pamekasan adalah supervisi langsung yang
dilakukan oleh kepala madrasah yang bertujuan untuk mengontrol dan
mengevaluasi sejauh mana ketercapaian guru dalam mengimplemetasikan
pembelajaran mulai dari awal pembelajaran, perangkat pembelajarannya, proses
pembelajarannya hingga akhir apakah sudah sesuai dengan RPP yang telah dibuat
atau tidak. FGD (Forum Group Discussion) semacam rapat atau sharing yang
bertujuan untuk membuat pendidik mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam
mengajar sehingga jika ada masukan yang membangun di diskusikan bersama
kelemahan yang dimiliki oleh pendidik disana. Workshop atau dengan kata lain
pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pendidik terkait
bidang profesinya. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang bertujuan
untuk saling berkomunikasi, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam rangka
meningkatkan kinerja pendidik sebagai instrument penting dalam proses
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain