Text
PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KOMITMEN NASABAH DALAM MENABUNG DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Firadatul Jannah, 2019, “Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Komitmen Nasabah dalam Menabung di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan .” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Rudy Haryanto, MM.
Kata Kunci : Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen
Dunia perbankan memiliki keterkaitan yang sangat erat terhadap konsumennya, karena hubungan nasabah dengan perbankan merupakan satu kesatuan. Dengan kata lain kedua komponen tersebut saling membutuhkan. Oleh karena itu, bank harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya sehingga terjalin hubungan yang baik diantara keduanya. Komitmen nasabah terhadap suatu perbankan dilandasi oleh berbabagai faktor diantaranya adalah kepuasan dan kepercayaan. Dengan adanya kepuasan nasabah tentunya akan menimbulkan kepercayaan yang baik dan disukai oleh nasabah. Sebagaimana dasar utama kegiatan perbankan adalah kepercayaan (trust), wujud kepercayaan dalam bentuk tidak ikut campurnya pihak surplus ini dalam menentukan pihak bank mana yang layak dipercaya.
Bedasarkan hal tersebut ada 3 rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kepuasan berpengaruh secara signifikanterhadap komitmen nasabah dalam menabung di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, apakah kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen nasabah dalam menabung di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, serta apakah kepuasan dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap komitmen nasabah dalam menabung di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dengan menggunakan analisis regresi berganda yang berguna untuk mengukur kekuatan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya dan menunjukkan arah hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen nasabah hal ini berhasil diuji oleh uji-t dengan nilai 0,159 ˃ 0,05.sedangkan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhada komitmen nasabah hal ini berhasil diuji oleh uji-t dengan nilai 0,000 ˂ 0,05. Sedangakan secara simultan menunjukkan variabel kepuasan dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen nasabah yang hal ini berhasil diuji oleh uji f dengan nilai 29,249 ˃ 3,09.
Tidak tersedia versi lain