Text
PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ira Mughirah, 2020, Profesionalisme Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah,
Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing: H. Karimullah, M. Pd.I.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar.
Profesionalisme guru adalah kemampuan, keahlian dan kemahiran yang
dimiliki oleh seorang guru dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana profesionalisme
guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1
Pamekasan; Kedua, usaha-usaha apa saja yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan; Ketiga,
faktor pendukung dan faktor penghambat profesionalisme guru aqidah akhlak
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan
wawancara tidak terstrukur, observasi dengan menggunakan observasi partisipan
dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, guru aqidah akhlak, guru
PAI serta siswa MTs Negeri 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi
dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Profesionalisme guru
Aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1
Pamekasan itu sudah dikatakan profesional. guru sudah memiliki kemampuan dan
keahlian dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar sehingga membuat
siswa belajar aktif, efektif dan menyenangkan. Dan guru aqidah akhlak dapat
dikatakan profesional karena beliau sudah mengikuti MGMP, workshop, seminarseminar, penataran-penataran dan diklat. Dengan pengalaman-pengalaman dan
ilmu-ilmu yang beliau dapatkan, maka tujuan pendidikan yang di cita-citakan
akan terwujud, serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena guru
merupakan salah satu faktor-faktor pokok pendidikan. Kedua, usaha-usaha yang
dilakukan oleh guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di
MTs Negeri 1 Pamekasan, antara lain: peningkatan manajemen kelas,
menggunakan metode yang bervariasi, menguasai bahan pelajaran, dan
memberikan kesempatan bertanya. Ketiga, faktor pendukung profesionalisme
guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu kelengkapan
sarana dan prasarana, SDM yang memadai, lingkungan yang mendukung dan
teman yang mempunyai semangat yang luar biasa. Adapun faktor penghambat
profesionalisme guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
yaitu kurangnya perhatian orang tua.
Tidak tersedia versi lain