Text
KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN UNTUKMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Rita Eka Agustin, 2020, Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag.
Kata Kunci : Kerjasama, Guru BK, Guru Mata Pelajaran, Prestasi Belajar
Kerjasama sangat dibutuhkan untuk saling membantu memberikan informasi antara satu dengan yang lain. Untuk itu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bukan hanya guru mata pelajaran saja yang harus membantu siswa untuk meningkatkan prestasi belajar yang ada. Dalam hal ini kerjasama antara guru BK dan guru mata pelajaran sangatlah di butuhkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 fokus penelitian yang menjadi pokok penelitian ini, yaitu : pertama, apa saja bentuk-bentuk kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan; kedua, bagaimana prestasi belajar siswa dengan adanya kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan; ketiga, faktor apa saja yang menghambat dan mendukung kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan analisis data melalui: 1. reduksi data, 2. display data, 3. Penarikan kesimpulan. Kemudian seluruh data di cek keabsahaannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,bentuk kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran yaitu (a) konsultasi, diskusi, sharing dan obrolan-obrolan santai dimana guru mata pelajaran memberikan laporan mengenai permasalahan siswa kepada guru BK, (b) bentuk kerjasamanya secara informal, dilakukan secara sengaja tidak berencana dan tidak dilakukan secara sistematis. Kedua, prestasi belajar siswa dengan adanya kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran ialah (a) prestasi belajar yang terjadi pada siswa setelah mendapatkan bimbingan dari guru BK dan guru mata pelajaran ada kemajuan di dalamnya meskipun tidak terlalu signifikan, (b) prestasi belajar siswa lebih baik dan meningkat setelah mengikuti bimbingan belajar, (c) meningkatnya prestasi belajar siswa karena dukungan dan support dari guru BK. Ketiga, (a) faktor pendukung dan penghambat kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran. Faktor pendukungnya yaitu kepala sekolah yang selalu mendukung adanya kerjasama dengan berbagai pihak, orang tua siswa yang ikut berpartisipasi dalam meningkatkan perkembangan prestasi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya ialah (a) tidak semua guru mata pelajaran melakukan kerjasama dengan guru BK, (b) guru BK tidak mempunyai jam masuk kelas. (c) masih ada guru mata pelajaran dan wali kelas yang acuh tak acuh atau cuek terhadap siswanya kurang memperhatikan terhadap permasalahan yang ada pada diri siswa.
Tidak tersedia versi lain