Text
STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Mohammad Hadi Wahyudi 2020 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Lukmanul Hakim, M.E.I
Kata Kunci : Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan.
Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas pelayanan. Hal tersebut menyebabkan pentingnya dilakukan suatu pengembangan sumber daya manusia agar pelayanan yang diberikan semakin baik. Pengembangan sumber daya manusia harus didukung oleh pihak lembaga agar menghasilkan sumber daya manusia yang benar-benar berkualitas terutama di bidang pelayanan.
Penelitian ini memiliki fokus penelitan yaitu; bagaimana strategi pengembangan sumber daya manusia di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Kemudian bagaimana tanggapan anggota terhadap kualitas pelayanan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan dan untuk mengetahui respon anggota terhadap kualitas pelayanan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data menggunakan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan 9 informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pengembangan sumber daya manusia di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan yaitu melalui pengembangan formal dan pengembangan informal. Karyawan baru dan karyawan tetap harus melaksanakan pengembangan tersebut tujuan untuk menambah pengentahuan karyawan, baik dari segi keterampilan maupun moral, selain itu juga agar karyawan BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan dapat bekerja sesuai dengan visi dan misi BMT UGT Sidogiri. Sedangkan kurikulum pengembangan memakai kurikulam yang sudah di sediakan oleh pusat dan tergantung dari materi apa yang di sampaikan. Pelaksanaan dari pengembangan SDM tersebut dilaksanakan setiap hari, bulan dan tahun. Selanjutnya respon anggota terhadap kualitas pelayanan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Kualitas pelayanan di BMT UGT Sidogiri sudah memenuhi standar kualitas pelayanan yang terdiri dari lima aspek yaitu Tengible, Rebiability, Responsiveness, Emphaty dan Assurance. Respon anggota sudah baik terhadap kualitas pelayanan yang di berikan oleh karyawan.
Tidak tersedia versi lain