Text
KONSEP ILMU PENDIDIKAN PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN
ABSTRAK
Bunga Nafi’ah, 2019. Konsep Ilmu Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, pembimbing Dr. H. Nor Hasan. M. Ag.
Kata Kunci: Ilmu Pendidikan, Imam Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kekeliruan-kekeliruan pendidikan. Yang mana dalam pendidikan mempunyai batasan agar dapat membantu individu dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu hidup. Kekeliruan yang terjadi adalah bentuk-bentuk kegiatan pendidikan yang tujuannya tidak benar atau cara pencapaiannya tidak tepat. Sehingga terjadi kesalahan dalam menciptakan situasi atau lingkungan pendidikan yang kurang mendukung pencapaian kedewasaan. Serta, melahirkan orang-orang yang cacat moral dan segi spiritualnya mengalami kemerosotan. Sedangkan dalam ilmu pendidikan nilai moral menduduki posisi yang sangat istimewa dalam membentuk manusia demi menuju hakikat, kegunaan, dan tujuan pendidikan. Dan nilai moral harus selalu didorong dengan landasan Al-Qur’an dan Sunnah, sehingga dapat membantu meningkatkan keilmuan generasi muda dalam hal peningkatan kualitas ilmu pendidikan yang berasaskan dengan agama Islam.
Adapun fokus dalam penelitian ini adalah; Bagaimana konsep ilmu pendidikan perspektif Al-Ghazali? Bagaimana pemikiran Al-Ghazali tentang ilmu pendidikan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin?
Penelitian ini termasuk dalam jenis kajian pustaka (library reasech) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter dengan menggali data sebanyak mungkin melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Selanjutnya setelah data yang dibutuhkan terkumpul, dengan menganalisa data tersebut dengan menggunakan metode analisis konten.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pendidikan merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk melahirkan perubahan progresif pada tingkah laku manusia. Al-Ghazali juga menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan untuk kepentingan hidup manusia dan memandang ilmu pengetahuan sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan Islam. Dalam kitab Ihya’ Ulumuddin Al-Ghazali, telah menjelaskan beberapa dalil-dalil dari Al-Qur’an tentang keutamaan ilmu. Agar selaras dengan tujuan pendidikannya maka dapat dipadukan dengan tujuan pendidikan menurut Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya’ Ulumuddin yang diketahui dengan jelas bahwa tujuan akhir yang ingin dicapai melalui kegiatan pendidikan yaitu:a) Insan purna yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT, b) Insan purna yang bertujuan mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Tidak tersedia versi lain