Text
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN SISWA KELAS VII DI MTSN 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nuril Anwar, 2020, Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerpen Siswa Kelas VII diMTsN 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Tarbiah, pembimbing: Dr. M. Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Media Audio-Visual
Keterampilan menyimak cerpen dirasakan penting untuk diteliti, karena sampai sekarang masih banyak keluhan dari beberapa guru, bahwa keterampilan menyimak siswa masih belum berhasil. Padahal menyimak merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam sebuah pendidikan, karena menyimak adalah dasar untuk berpikir. Dengan menggunakan media audio-visual yang menarik siswa akan lebih berminat mengikuti pembelajaran dan lebih nalar dalam ilmu pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 fokus penelitian yang menjadi pembahasan ini, yaitu: Pertama, Bagaimana perencanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaan keterampilan menyimak cerpen di MTsN 3 Pamekasan. Kedua, Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerpen di MTsN 3 Pamekasan. Ketiga, Apa saja kendala penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerpen di MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII (tujuh). Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil temuan penelitian: perencanaan penggunaan media audio visul dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerpen siswa kelas VII di MTsN 3 Pamekasan 3 data; pertama yang dilakukan yaitu menyampaikan tujuan terkait materiyang akan dilaksanakan yang kedua adalah memberikan arahan tentang menyimak cerpen dengan menggunakan media audio visual yang ke tiga adalah memberikan gambaran mengenai keterampilan menyimak menggunakan media audio visual. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menyimakcerpen siswa kelas VII di MTsN 3 Pamekasan terdapat 4 data; pertama yaitu menjelaskan materi yang akan disampaikan, kedua siswa menyimak dengan penuh keseriusan, ketiga memberikan tugas menyusun struktur dan ide pokok yang disimak dalam video yang sudah disediakan, keempat siswa mempresentasikan hasil tugas yang diberikan oleh guru didepan kelas. Kendala penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerpen siswa kelas VII di MTsN 3 Pamekasan terdapat 4 data; pertama terbatasnya media proyektor, kedua terdapat proyektor yang tidak layak pakai, ketiga letak kelas yang berdekatan dengan jalan yang mengakibatkan keramaian, keempat guru kurang terampil dalam mengoprasikan media audio visual.
Tidak tersedia versi lain