Text
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PENERBIT KEMENDIKBUD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 1 LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Musrifah Wahyuni, 2020, Pengaruh Penggunaan Buku Teks Bahasa Indonesia Penerbit Kemendikbud Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi TBIN, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Usman, M.Pd.I
Kata Kunci: Buku Teks, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Dengan perubahannya kurikulum 2013, maka sumber belajar di SMPN 1 Larangan Pamekasan sudah menggunakan buku teks. Buku teks pelajaran dipakai salah satu sumber belajar yang utama dalam proses belajar dan membelajarkan di sekolah. Selain itu, buku teks ini isinya disusun dan disajikan sedemikian rupa sehingga memudahkan siswa belajar dan termotivasi untuk terus belajar. Buku teks ini juga membantu guru-guru di SMPN 1 Larangan Pamekasan merencanakan dan mengelola proses pembelajaran serta mengevaluasi hasil belajarsiswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah pengaruh penggunaan buku teks Bahasa Indonesia penerbit Kemendikbud terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Larangan Pamekasan; kedua, seberapa besar pengaruh penggunaan buku teks Bahasa Indonesia penerbit Kemendikbud terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis statistik. Instrumen data diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Observasi dilakukan setiap kelas IX dan untuk angket disebarkan kepada siswa kelas IX masing-masing kelas mengambil sampel 4 siswa dengan dokumentasi sebagai bukti penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tidak ada pengaruh penggunaan buku teks Bahasa Indonesia penerbit Kemendikbud terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Larangan Pamekasan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik product moment bahwa nilai “r” kerja (0,20) lebih kecil dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,367) maupun taraf signifikan 1 % (0,470), berdasarkan ketentuan, jika “r” kerja lebih kecil dari “r” tabel, maka tidak ada korelasi signifikan antara buku teks terhadap hasil belajar siswa. Kedua, besar pengaruh penggunaan buku teks Bahasa Indonesia penerbit Kemendikbud terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Larangan Pamekasan adalah sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil interpretasi “r” kerja (0,20) dengan interpretasi nilai “r” berada pada interval 0,200 s/d 0,400 dengan interpretasi sangat rendah. Agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik, maka diperlukan bimbingan dengan melatih siswa pada saat pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain