Text
JARGON DALAM AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENJELANG PILPRES 2019
ABSTRAK
Atik Jamila 2020, Jargon dalam Akun Media Sosial Instagram Menjelang Pilpres 2019, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci : Jargon, Instagram, Pilpres 2019
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan Aplikasi media Sosial khususnya Instagram sehingga banyak yang memanfaatkan kepopuleran Instagram. Salah satunya digunakan dalam sarana kampanye untuk menarik perhatian anak muda sehingga banyak menuai komentar yang sangat beragam. Salah satunya berupa komentar yang mengandung jargon.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 2 permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimanakah bentuk dan makna jargon singkatan pada akun media sosial Instagram calon presiden dan wakil presiden 2019; dan 2) Bagaimanakah bentuk dan makna jargon akronim pada akun media sosial instagram calon presiden dan wakil presiden 2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber didapatkan dari Instagram calon presiden dan wakil presiden 2019 yang berupa data teks percakapan komentar dari netizen (khalayak ramai). Teknik pengumpulan data dilakulakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. langkah-langkah analisis data penelitian ini ada 3 yaitu; 1) identifikasi data dengan membaca satu persatu komentar dari netizen; 2) klasifikasi data yang sudah ada; dan, 3) mendeskripsikan data sesuai dengan rumusan masalah yang ditentukan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang pengamantan, ketekunan/keajengan, trianggulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa Jargon dalam Akun Media Sosial Instagram Menjelang Pilpres 2019. Pertama, wujud dan makna jargon pada akun media sosial Instagram calon presiden dan wakil presiden 2019 terdapat 37 data yang ditemukan oleh peneliti. Kedua, bentuk-bentuk jargon komentar netizen pada akun media sosial Instagram calon presiden dan wakil presiden 2019 terbagi dalam bentuk jargon singkatan, akronim, kata dan walikan. Pada bentuk jargon singkatan terdapat 12 data, bentuk akronim 19 data, bentuk kata terdapat 5 data, dan bentuk walikan terdapat 1 data pemilik akun Instagram yang berkomentar pada salah satu foto yang diunggah oleh masing-masing calon presiden dan wakil presiden lebih banyak menggunakan jargon yang berbentuk akronim dibandingkan dengan singkatan, kata maupun walikan.
Tidak tersedia versi lain