Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII DI MTS MAMBAUL ULUM PANGARENGAN SAMPANG
ABSTRAK
Mariya Ulfah, 2020, Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur
dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII di MTs
Mambaul Ulum Pangarengan Sampang, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa
Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Ibu Hj. Kristanti
Ayuanita M.Pd
Kata Kunci: Upaya, Keterampilan Menulis, Teks Prosedur, Discovery Learning
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pembelajaran menulis teks
prosedur di MTs Mambaul Ulum Pangarengan Sampang masih kurang. Siswa
masih banyak yang mengalami kesulitan, merasa bingung, dan membosankan
pada saat proses pembelajaran. Untuk itu, penulis ingin mengetahui upaya
meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model
discovery learning. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana upaya meningkatkan
keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model discovery
learning pada siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pangarengan Sampang, (2)
Bagaimana hasil upaya meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dengan
menggunakan model discovery learning pada siswa kelas VII di MTs Mambaul
Ulum Pangarengan Sampang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini adalah (1) Mengetahui upaya meningkatkan keterampilan menulis teks
prosedur dengan menggunakan model discovery learning, (2) Mengetahui
seberapa besar hasil upaya meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur
dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan,
refleksi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas
(PTK), sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi,
dan tes. Informannya adalah Guru Bahasa Indonesia kelas VII, siswa kelas VII,
dan sumber data non manusia seperti absensi, RPP, tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) model discovery learning terbukti efektif dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII, (2) hasil
penilaian pada observasi awal dari 20 siswa semua siswa tidak tuntas, dengan
rata-rata 37. Pada tahap siklus I yang tuntas sebanyak 8 siswa dengan persentase
40%, dan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 60%, dengan
rata-rata 57. Dan pada tahap siklus II yang tuntas sebanyak 17 siswa dengan
persetase 85%, dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%,
dengan rata-rata 80. Kenaikan nilai dari prasiklus hingga siklus II mencapai 85%.
Dari hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning efektif
digunakan pada pembelajaran menulis teks prosedur.
Tidak tersedia versi lain