Text
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Kurnia Suci Febrizha, 2020, Implementasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tardis Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing Itaanis Tianah, S.Sos, M.A.Hum
Kata Kunci: Nilai-nilai, Multikultural, Pembelajaran, Sosiologi
Nilai-nilai multikultural merupakan nilai kebersamaan suatu perasaan, atau sikap antara individu maupun kelompok. Tujuan dari nilai multikultural ini adalah untuk menerapkan dan melaksanakan sikap menghargai, sikap toleransi, sikap tolong menolong, dan nilai demokrasi terhadap siswa yang beragama muslim dan non muslim. Nilai-nilai multikultural ini akan memberikan sikap positif kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari dan aktifitas di SMA Negeri 3 Pamekasan. Siswa di sana yang mana kita ketahui tidak hanya siswa yang beragama muslim tetapi juga ada yang beragama Kristen sehingga disini peneliti sangat tertarik melakukan penelitian karena sekolah tersebut apakah telah menerapkan nilai-nilai multikultural, namun dari penelitian itu ditemukan bahwa siswa disana masih kurang dalam menerapkan nilai toleransi dan tolong menolong.
Ada empat fokus penelitian dari penelitian ini, pertama, implentasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Pamekasan, kedua, peran sekolah dalam mendorong nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 3 Pamekasan, ketiga, faktor penghambat dari implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Pamekasan, keempat, solusi dalam implementai nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif sebagai jenis penelitian. Peneliti memperoleh data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, peneliti memeriksa dan menganalisis hasil dari implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan nilai-nilai multikultural berupa nilai toleransi dan menghargai, Kedua, peran dari nilai-nilai multikultural berupa tidak membedakan siswa muslim dan non muslim dan tidak menyinggung agama satu sama lain, Ketiga, faktor penghambat dari nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sosiologi yaitu kurangnya nilai tolong menolong, kurangnya pemahaman nilai-nilai multikultural, Keempat, yang terakhir yaitu solusi dari nilai-nilai multikutural dalam pembelajaran sosiologi berupa member nasehat, sanksi, dan sikap positif dalam pembelajaran.
Saran bagi siswa harus lebih bisa menerapkan nilai-nilai multikultural dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam sekolah maupun diluar sekolah dan siswa juga dapat lebih memiliki sikap tolong menolong baik itu muslim dan non muslim.
Tidak tersedia versi lain