Text
TUTURAN TABU DALAM PEMILIHAN CAPRES DAN CAWAPRES RI TAHUN 2019 DI MEDIA SOSIAL
ABSTRAK
Uswatun hasanah, 2020, Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi
Rakyat pada Siswa Kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal Sampang, Skripsi,
Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing, Mulyadi, S.S., M.Pd.
Kata kunci: Upaya Guru, Menulis, Puisi Rakyat
Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara siswa dengan
lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut
banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut ada dua yaitu faktor internal
dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang datang dari dalam diri individu.
Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang datang dari lingkungan. Tugas guru yang
utama adalah mampu mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan
perilaku siswa. Proses pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruh siswa
terlibat secara aktif baik mental, fisik, maupun sosial dalam proses pembelajaran.
Ada tiga fokus penelitian yaitu: Pertama, bagaimana upaya yang dilakukan guru
dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum
Kecamatan Robatal Sampang. Kedua, Apa saja kendala guru dalam mengajarkan
keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal
Sampang. Ketiga, bagaimana cara guru mengatasi kendala dalam mengajarkan keterampilan
menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal Sampang.
Penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, data yang
diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data tersebut
dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif , seluruh data yang didapat di cek
keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan
uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya yang dilakukan guru
dvlam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum
Robatal Sampang ialah berbagai upaya dilakukakan oleh guru mulai dari memotivasi siswa,
memberikan metode mengajar yang menarik, dan memberikan gambaran tentang menulis
puisi rakyat dengan menggunakan media gambar. Kedua, kendala guru dalam mengajarkan
keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Robatal Sampang
ialah keterbatasan yang tidak dimiliki sekolah seperti LCD, Salah satu siswa malas
dikarenakan terpengaruh temannya yang pemalas, siswa kurang minat karena materi puisi
rakyat sulit dimengerti. ketiga, cara guru mengatasi kendala dalam mengajarkan keterampilan
menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Robatal Sampang ialah
membawakan media dari luar sekolah, guru memberikan arahan terhadap siswa dan
menasehati agar tidak terpengaruh temannya yang pemalas serta memindahkan tempat
duduknya, guru memberikan motivasi agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar dan
berusaha menjelaskan kembali tentang materi puisi rakyat sampai siswa paham betul terkait
materi tersebut.
Tidak tersedia versi lain