Text
PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN DI TK I'ANATUS SHIBYAN BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Zahrita Adnani, 2020, Peran Guru Dalam Membangun Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain di TK I’anatus Shibyan Blumbungan Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PIAUD, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Hj. S.Sumihatul Ummah, MS.M,pd
Kata kunci : Peran Guru, Membangun Kreatifitas, Metode Bermain.
Penelitian ini bertujuan mengetahui Peran guru dalam membangun kreatifitas anak usia dini melalui metode bermain di TK I’anatus Shibyan Blumbungan Larangan Pamekasan. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di TK I’anatus Shibyan Blumbungan Larangan Pamekasan. Subjek penelitian ini adalah Kelompok TK A2 yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 16 anak., yang terdiri dari 11 anak laki – laki dan 5 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah Kreatifitas anak. Teknik pengumpulan data dari penelitian adalah Wawancara (Interview), Observasi dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Peran Guru Dalam Membangun Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain di TK I’anatus Shibyan Blumbungan Larangan Pamekasan. Peran guru sangatlah penting dalam membangun kreatifitas anak usia dini terutama dalam hal bermain, karena bermain merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan anak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kreatifitas anak usia dini mulai tumbuh karena peran guru yang sudah menjadi sebagai fasilitator, evaluator dan motivator mulai berkembang secara maksimal dibuktikan dari 16 anak, 6 anak belum berkembang dan 10 anak sudah mulai berkembang sehingga anak sudah bisa membangun kreatifitasnya melalui metode bermain.
Tidak tersedia versi lain