Text
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH DESA KONANG KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Fitriyatus Sholehah, 2020, Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyah Desa Konang Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, JurusanTarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. .
Kata Kunci :UpayaPeningkatan, Faktor Pengahambat, dan Faktor Pendukung Motivasi Belajar Matematika.
Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasisme dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa Kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyah (2) Mengetahui faktor penghambat upaya peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyah (3) Mengetahui faktor pengdukung upaya peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru matematika kelas V, dan siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui beberapa tahapan yaitu tahap observasi, tahap wawancara, dan dokumentasi. penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan pengumpulan, penyajian,dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan oleh guru dalam upaya peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyah meliputi: 1) Mempersiapkan RPP, media pembelajaran, dan mepersiapkan siswa. 2) Pemberian reward. 3) Penggunaan media pembelajaran yang mudah. Faktor penghambatnya meliputi: 1) Siswa minder atau maluketika bertanya. 2) Siswa bosan. Faktor pendukukung meliputi: 1) Penggunaan media pembelajaran yang mudah. 2) Pemberian reward berupa hadiah tambahan nilai. Mengaktifkan/meningkatkan kegiatan meliputi : 1) mengkaitkan pelajaran pada materi pelajaran yang lalu. 2) menggunakan alat peraga. 3) Memberikan soal latihan. Memberikan bantuan dan dukungan meliputi : 1) Memberikan teguran jika tidak mengerjakan soal latihan. 2) Memberikan bantuan dan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan. 3) Memberi kesempatan bertanya.
Tidak tersedia versi lain