Text
ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN LAWANGAN DAYA 2 KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Triadatun Sholehah, Analisis Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Lawangan Daya 2 Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembeimbing H. A. Gazali, Lc. M.HI.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Pembalajaran Tematik
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fakta dan fenomena bahwa saat ini mayoritas kreativitas guru disekolah kurang maksimal apalagi dalam pemanfaatan sebuah media pembelajaran. Dengan diterapkan pembelajaran tematik yang mengarahkan agar siswa memiliki pengalaman bermakna dalam pembelajaran, kreativitas dibutuhkan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, terutama dalam hal ini dengan bantuan pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja media yang digunakan dalam pembelajaran tematik kelas IV di SDN Lawangan Daya 2 kecamatan Pademawu kabupaten Pamekasan; kedua, bagaimana pemanfaatan media pembelajaran tematik kelas IV di SDN Lawangan Daya 2 kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan; ketiga, bagaimana kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran tematik kelas IV di SDN Lawangan Daya 2 kecamata Pademawu kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, dan guru kelas IV A, B, C. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, media yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar secara umum menggunakan media visual dengan mempertimbangkan tema, subtema dan pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa; kedua, guru telah menerapkan langkah-langakah dalam pemanfaatan media pembelajaran agar berjalan secara efektif dan efisien, manfaat dalam pemanfaatan media pembelajaran dirasakan dapat mebantu keterbatasan dalam penyampaian pembelajaran namun dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip yang berlaku; ketiga, guru SDN Lawangan Daya 2 memiliki daya kreativitas yang beragam, dan secara umum telah dapat dikatakan sebagai guru kreatif dengan melihat ciri-ciri yang dimiliki sesuai teori yang berlaku. Dalam pemanfaatan media pembelajaran guru memiliki hambatan, namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan usaha-usaha yang yang dilakukan guru bersama kepala sekolah, dan melakukan strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain