Text
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN INOVASI KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 LARANGAN
ABSTRAK
Alvia Maulidina, 2020, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Inovasi Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Larangan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. H. Atiqullah, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Inovasi Kinerja Guru
Kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang menjadi kunci keberhasilan sekolah. Oleh karena itu seorang kepala sekolah harus menjalankan peran kepemimpinannya secara efektif agar bisa mempengaruhi bawahannya. Salah satunya dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru yaitu kinerja guru yang dalam pelaksanaannya menerapkan gagasan-gagasan baru sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dan menciptakan sekolah yang berkualitas.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru di SMP Negeri 2 Larangan. Kedua, Bagaimana implementasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru di SMP Negeri 2 Larangan. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru di SMP Negeri 2 Larangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi sumber penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, peran kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru sudah bisa dikatakan baik yaitu kepala sekolah memantau kinerja guru, memberikan motivasi dan dukungan kepada guru, mengadakan rapat dengan guru, menjaga komunikasi. Kedua, implementasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru yaitu edukator (kepala sekolah memberi contoh pembelajaran yang inovatif, melakukan pembinaan terhadap guru, mengikutsertakan guru pada kegiatan workshop, MGMP, dll), manajer (kepala sekolah mengutamakan kerjasama, melibatkan seluruh stakeholder), administrator (kepala sekolah ikut serta dalam pengelolaan kurikulum, melakukan pemeriksaan perencanaan pembelajaran guru), supervisor (mengadakan pengecekan administrasi pembelajaran guru, melakukan supervisi KBM dan penilaian kinerja guru), leader (kepala sekolah memberikan contoh yang baik, memberi kesempatan guru menyampaikan gagasan), inovator (menggunakan metode yang bermacam-macam, memprogramkan MGMP kelompok dan penilaian kinerja guru), motivator (selalu memberikan motivasi kata-kata, dukungan dan reward). Ketiga, faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru, yaitu: faktor pendukung, a. Guru-guru yang memiliki sikap terbuka terhadap inovasi, b. Sumber daya manusia yang mumpuni. Sedangkan faktor penghambatnya, a. Karakter guru yang berbeda-beda, b. Sarana prasarana yang kurang lengkap.
Tidak tersedia versi lain