Text
PERAN USTADZAH DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN PUTRI MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Wardatus Sholehah. 20160701040243. Peran Ustadzah Dalam Mengembangkan Kegiatan Belajar Mengajar Di Pondok Pesantren Putri Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis Solichin. M. Ag.
Pengembangan kegiatan belajar mengajar adalah salah satu pendidikan penting yang mengarah pada pada aspek behavioristik atau tingkah laku seseorang dari hasil pengalaman. Dan mengingat saat ini arus globalisasi dan degradasi moral semakin sering terdengar membuat orang tua khawatir terhadap anaknya terlebih yang memiliki seorang putri. Dimana orang tua mempercayakan anak-anaknya di pesantren sebagai sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membentuk seseorang menjadi insan yang berakhlaqul karimah, beriman, dan bertakwa yang tafuqquh fddin serta memiliki komitmen yang tinggi untuk menyebarluaskan pengetahuannya dan ikhlas berkorban demi menegakkan kalimat Allah Swt ynag berlandaskan pada Al-Qur’an dan sunnah Rasululloh Saw. Sosok seorang ustadzah di Pesantren sebagai pembina pondok putri berperan sebagai orang tua, guru, dan sahabat bagi santriwati. Proses kegiatan belajar mengajar adalah kegiatan yang terjadi secara alamiah dan berulang-ulang. Akan tetapi masih banyak yang belum merasa bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan. Perlunya kegiatan belajar mengajar yang diterapkan oleh penggerak pendidikan di setiap lembaga sebgai upaya membantu seseorang memahami hakikat belajar itu sendiri. Perubahan dimulai dengan kegiatan belajar mengajar yang bersifat sederhana, sehingga untuk membentuk pribadi santri yang berkualitas perlu adanya pengembangan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini berfokus pada peran ustadzah dalam mengembangkan kegiatan belajar mengajar. Dengan memperoleh data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi diharapkan penelitian ini memiliki keabsahan dari data yang diperoleh. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengolah dan menginterpretasikan data yang kemudian dianalisis untuk diambil kesimpulan.
Kata Kunci: Ustadzah, Kegiatan Belajar Mengajar
Tidak tersedia versi lain