Text
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR'AN (BTQ) DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA SMPN 2 PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Durriyatin Najibiyah, 2020. Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca al-Qur’an Siswa SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing:Drs. H. Saiful Arif, M. Pd.
Kata Kunci : Baca Tulis al-Qur’an, Kefasihan
Baca tulis al-Qur’an adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membentuk manusia mampu membaca (dan menulis) ayat-ayat al-Qur’an dengan fasikh berdasarkan kepada Ilmu Tajwid. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga tahap yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,; Apa saja materi yang disampaikan guru untuk meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an pada kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an di SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan; kedua, Apa saja metode yang digunakan guru pada kegiatan ekstrakurikuler baca tulis alQur’an dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an siswa SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan; ketiga, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an siswa SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan, WaKa Kurikulum, Guru PAI, dan guru pembina, serta Siswa SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Materi yang disampaikan dalam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an siswa SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan tentang Makharijul Huruf, Tajwid, dan Qira’ah. Kedua, Metode yang digunakan guru pada kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an siswa SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan adalah adalah metode sintetik dan metode meniru. Ketiga, Faktor Pendukung dan Penghambat kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an di SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Faktor Pendukung pada kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an di SMPN 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan antara lain: Sarana& prasarana seperti Musolla, sound system, tempat wudhu’, alQur’an dan mukenah, Minat siswa dan Semangat guru pembina. Sedangkan faktor penghambat antara lain: kurangnya perhatian orang tua dan opini negatif dari teman.
Tidak tersedia versi lain