Text
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA ANIMASI MOTION GRAPHIC (HTML 5) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP ISLAM AL-IMAN BIRA TIMUR SOKOBANAH SAMPANG
ABSTRAK
Siti Salhah, 2020, Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Media Animasi Motion Graphic (Html 5) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Iman Bira Timur Sokobanah Sampang, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hasan Basri, M.Pd
Kata Kunci: Minat Belajar, Media Animasi Motion Graphic (Html 5), Pembelajaran IPS.
Dalam kitab tatkirotul hamduniyah disebutkan bahwa pernyataan plato menagatakan Umar bin Khattab Ra.berkata: َرْيَ غ ْمِّهِّنَ ما َ ز ْيِّ ف ُشْيِّعَيَ س ْمُهَّنِّإَ ف ْمُكَدَ الا ْوَ ا أ ْوُ مِّلَع َ نا ِّ ن َ ما َزِّ ل َ نا ْقَلَ خ ُنْحَ ن َ و ْمِّهِّ ن َ ما َزِّ ل َقَلَ خ ْمُهَّ ن ِّ فإ ْمُكِّنَ ما َ ز yang pada intinya “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya” maka dari itulah peneliti kini menggunakan media yang tidak seperti biasanya karena peneliti melihat peserta didik mulai jenuh dengan pembelajaran yang tetap sama (sistem ceramah) dan permasalahan itu yang terjadi di SMP Islam Al-Iman Bira Timur Sokobanah Sampang. Maka dari itulah peneliti berinisiatif pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan media animasi motion graphic (HTML 5) untuk menjadikan peserta didik minat belajar hususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kemudian media tersebut selaras dengan pembelajaran pada saat ini yaitu berbasis komputer dan Smarphone. Kemudian masalah yang di kaji dalam penelitan ini adalah: bagaimana caranya meningkatakan minat belajar peserta didik melalui Media Animasi Motion Graphic Html 5 dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Islam AlIman Bira Timur Sokobanah Sampang. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi dll. dan peneliti disini menggunakan model kemmis dengan 1 siklus 4 tahap yaitu: Planing, Acting, Observing, serta Reflecting. dan dalam penelitian ini di jadikan tiga pertemuan kemudian sumber penelitiannya kepala sekolah serta guru dan siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Iman Bira Timur Sokobanah Sampang Melihat Penelitian diatas disarankan untuk para peneliti lain untuk menggunakan media yang mampu menarik minat peserta didik serta bagi guru, banyak sekali media untuk proses KBM namun pakailah dan gunakanlah media yang diminati oleh peserta didik supaya mereka memilki minat untuk belajar khususnya mata pelajara Ilmu Pengetahuan Sosial.
Tidak tersedia versi lain