Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JEDA DALAM PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMPN 2 LARANGAN
Abstrak
Ahmad Romli, Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jeda Dalam Pelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smpn 2 Larangan, Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing Skripsi Abd. Ghofur, M.Pd.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning teknik jeda.
Teknik jeda merupakan teknik yang tujuannya untuk menenagkan otak, sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran, selain itu siswa juga bisa memikirkan materi apa yang mau di tanyakan kepada guru sehingga siswa bisa memahami materi pembelajaran dan siswa menjadi aktif dalam proses belajar mengajar
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalah yang sering terjadi pada penerapan teknik jeda dalam pembelajaran IPS yaitu, siswa ada yang berbicara sendiri ketika jeda sudah selesai selain itu siswa merasa ketakutan untuk menanyakan materi yang belum di pahami.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitianini adalah guru Ips dan siswa. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan teknik jeda sangat di suka bebrapa siswa dan banyak siswa yang mengungkapakan bahwa teknik itu belum begitu berhasil, teknik jeda memang sering diterapkan karena siswa mengnggap pelajaran ips sangatlah membosankan makanya guru berupaya membuat siswa beranekaragam untuk mencapai suasana belajar yang menyenagkan, 2) manfaat penggunaan tehnik jeda ini sangat lah banyak yaitu : siswa bisa menenangkan pikiran sejenak untuk melepaskan rasa bosandalam pembelajaran. 3) faktor penghambat teknik jeda siswa masihbanyak yang takut untuk bertanya, biasanya setelah teknik jeda siswa ada sebagian yang langsung fokus ada sebagian yangtidak fokus karena masih ingin bercanda dengan temannya.
Abstrak
Ahmad Romli, Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jeda Dalam Pelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smpn 2 Larangan, Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing Skripsi Abd. Ghofur, M.Pd.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning teknik jeda.
Teknik jeda merupakan teknik yang tujuannya untuk menenagkan otak, sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran, selain itu siswa juga bisa memikirkan materi apa yang mau di tanyakan kepada guru sehingga siswa bisa memahami materi pembelajaran dan siswa menjadi aktif dalam proses belajar mengajar
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalah yang sering terjadi pada penerapan teknik jeda dalam pembelajaran IPS yaitu, siswa ada yang berbicara sendiri ketika jeda sudah selesai selain itu siswa merasa ketakutan untuk menanyakan materi yang belum di pahami.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitianini adalah guru Ips dan siswa. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan teknik jeda sangat di suka bebrapa siswa dan banyak siswa yang mengungkapakan bahwa teknik itu belum begitu berhasil, teknik jeda memang sering diterapkan karena siswa mengnggap pelajaran ips sangatlah membosankan makanya guru berupaya membuat siswa beranekaragam untuk mencapai suasana belajar yang menyenagkan, 2) manfaat penggunaan tehnik jeda ini sangat lah banyak yaitu : siswa bisa menenangkan pikiran sejenak untuk melepaskan rasa bosandalam pembelajaran. 3) faktor penghambat teknik jeda siswa masihbanyak yang takut untuk bertanya, biasanya setelah teknik jeda siswa ada sebagian yang langsung fokus ada sebagian yangtidak fokus karena masih ingin bercanda dengan
Tidak tersedia versi lain