Text
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Ach. Khairil Basri Rhamadani, 2019, Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
kedisiplinan siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasa, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing Drs. Saiful Arif. MPd.
Kata kunci: Upaya, kepala sekolah, kedisiplinan
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1)
Kedisiplinan siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.(2) Upaya
yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK
Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.(3)Faktor pendukung dan pengahambat
dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan
Galis Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannnya adalah
diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan
pemilihan, penyederhanaan dan transformasi, sehingga menjadi lebih fokus sesuai
dengan obyek penelitian. Setelah analisis data dilakukan barulah ditarik
kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahannya dengan perpanjangan
pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, kedisiplinan siswa di SMK Miftahul
Qulub Polagan (1) Secara umum peraturan untuk siswa sudah berjalan dengan
cukup baik. (2) Tidak semua peraturan dipatuhi sepenuhnya oleh siswa. (3)
Kedisiplinan siswa dalam berpakaian, bersikap, belajar, dan kebersihan linkungan
sudah cukup baik. Akan tetapi masih perlu adanya upaya dalam meningkatkannya
Kedua, Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan
siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan. (1) Pemberlakuan kode etik siswa. (2)
Pemberian sanksi. (3) Penanaman kesadaran diri siswa. (4) Penggalakkan
keteladanan dari para guru dalam berdisiplin. (5) Pemberian angket kesepakatan
kesediaan mematuhi aturan sekolah kepada wali murid sebagai wujud kerjasama
orang tua dengan sekolah. (6) Diadakan berbagai kegiatan penunjang upaya
peningkatan kedisiplinan siswa dan kegiatan ekstrakurikuler. (7) Serta pemberian
motivasi kepada anak untuk selalu berdisiplin. Ketiga, Faktor pendukung dan
pengahambat dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Miftahul
Qulub Polagan. (1) Faktor pendukung: a. Kerjasama yang baik. b. Keterbukaan
siswa. c. Adanya ketegasan dan keteladanan sikap guru dalam menjalankan tata
tertib sekolah. d. Peran serta guru BK. e. Adanya kepercayaan yang tinggi dari
masyarakat terhadap sekolah. (2) Faktor penghambat: a. Masih ada sebagian siswa
yang kurang memahami arti tata tertib sekolah. b. Kurangnya kesadaran siswa
akan pentingnya kedisiplinan. c. Latar belakang keluarga siswa yang jarang
mengarahkan anaknya untuk selalu tertib dalam hidup d. Salah dalam bergaul.
Tidak tersedia versi lain